Pemkot Siapkan Berbagai Acara Semarakkan Hari Jadi Kota Surabaya

Petrus - 20 April 2017
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (foto : Superradio/Srilambang)

SR, Surabaya – Kota Surabaya tahun ini akan berusia 724 tahun, tepatnya pada 31 Mei 2017 mendatang. Berbagai gelaran acara menarik akan diadakan di Kota Surabaya, untuk menyemarakkan Hari Jadi Kota Surabaya.

Ada enam acara utama yang telah dipersiapkan oleh Pemerintah Kota Surabaya sepanjang Mei 2017, yang dapat dinikmati dan diikuti oleh warga Kota Surabaya. Diantaranya ada kegiatan Surabaya Health Season (SHS), Surabaya Shopping Festival (SSF), Surabaya Fashion Parade, Parade Budaya dan Bunga, Festival Rujak Uleg, Pasar Malam Tjap Toendjoengan serta banyak acara lainnya.

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini mengatakan, peringatan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena sudha memasuki bulan puasa Ramadhan.

“Karena sudah memasuki bulan puasa, kemasannya tentu agak berbeda. Kalau sebelumnya ada pesta rakyat dan potong tumpeng, tahun ini tentunya berbeda. Tapi untuk agenda lainnya seperti parade budaya dan bunga, SSF dan juga festival rujak uleg, masih sama,”  ujar Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Rabu (19/4/2017).

Selepas Mei juga masih ada beberapa kegiatan seperti Surabaya Great Expo, yang sebelumnya digelar di bulan Mei, tahun ini digelar di bulan Agustus sebagai rangkaian HJKS.

“Agustus nanti juga akan ada Surabaya International Maraton,” lanjut Tri Rismaharini.

Berbagai agenda dalam rangka HKJS ini, diharapkan Risma dapat menjadi daya tarik kunjungan wisatawan khususnya dari luar negeri ke Surabaya.

“Dulu setelah HJKS, jumlah kunjungan turun. Makanya itu, kami buat agenda di bulan Agustus untuk menggerakkan ekonomi di Surabaya,” sambung Risma.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya, Widodo Suryantoro mengatakan, pihaknya telah berupaya agar serangkaian acara yang sudah disiapkan, dapat berjalan semarak melalui sosialisasi ke seluruh elemen masyarakat dan pihak di luar Surabaya.

Seperti acara Parade Budaya dan Bunga yang digelar pada 7 Mei dengan start dari Tugu Pahlawan menuju Balai Kota, Disbudpar sudah menyampaikan pemberitahuan sejak bulan Februari lalu.

“Event-event yang akan digelar, kami sekarang menginformasikan jauh-jauh hari agar HJKS tahun ini bisa lebih semarak. Hasilnya, seperti Parade Budaya dan Bunga, peserta tahun ini jumlah nya dua kali lipat dibanding tahun lalu. Acaranya juga akan digelar pagi hari agar ada lebih banyak masyarakat yang menyaksikannya,” tutur Widodo.(ptr/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.