Pemkab Ponorogo Kekurangan Dana Seleksi CPNS

Petrus - 28 September 2018
SR, Ponorogo – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) telah dibuka, akan tetapi hal ini menimbulkan permasalahan baru bagi Pemerintah Kabupaten Ponorogo. Hal ini dikarenakan Pemkab Ponorogo kekurangan dana untuk melakuan seleksi CPNS.
“Anggaran pemkab untuk rekrutmen CPNS saat ini kurang,” kata Kepala Badan Kepegawaian, Pelatihan, dan Pendidikan Daerah (BKPPD) Winarko Arief Tjahjono, Jumat (28/9/2018).
Winarko menerangkan, saat ini anggaran yang dibutuhkan untuk pelaksanaan seleksi CPNS sekitar Rp. 1,5 milyar. Sedangkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018 baru tersedia Rp. 550 juta.
Saat ini pemkab masih mengusahakan untuk memenuhi kekurangan anggaran itu, dengan cara mengusulkan kembali melalui mekanisme pemenuhan lewat APBD perubahan, atau disusulkan kembali pada pembahasan APBD 2019.
“Penggunaan anggaran ini nantinya untuk membeli dan menyewa peralatan, termasuk juga untuk pengamanan serta kesehatan,” tuturnya.
Dalam pelaksanaannya yang melibatkan ribuan peserta CPNS, memang memerlukan petugas yang banyak dan gedung yang luas. Rencananya pemusatan tes CPNS Kabupaten Ponorogo akan dipusatkan di Wisma Haji Madiun.
“Satu hari saja yang tes bisa mencapai 1.200 orang, belum nanti yang mengantar, kita harus siapkan tempat untuk itu, dan perkiraan kami tesnya bisa lebih dari satu hari,” ujarnya.
Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Ponorogo, Agus Pramono menuturkan, jumlah peserta yang akan ikut CPNS di Ponorogo kemungkinan akan membludak, dikarenakan Kota Madiun menetapkan persyaratan IPK minimal 3.00 sedangkan Ponorogo menetapkan minimal 2.75.
“Hal ini menyebabkan mereka yang tidak bisa daftar di Kota Madiun, otomatis akan mencari posisi di Ponorogo atau Magetan,” pungkasnya.(gs/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.