Pemkab Ponorogo Buka Pendaftaran CPNS

Petrus - 5 June 2018
Kantor Bupati Ponorogo (foto : Superradio/Gayuh Satria)

SR, Ponorogo – Tahun 2018 ini Pemerintah Kabupaten Ponorogo berencana akan membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Hal ini menyikapi kekurangan tenaga aparatur sipil negara (ASN) maupun tenaga pendidik di Kabupaten Ponorogo.

“40 persen tenaga pendidikan, 37 persen infrastruktur, 23 persen tenaga kesehatan,” kata Kabid Formasi Pengembangan dan Pegawai, Iwan Yono Saputro, Selasa (5/6/2018).

Menurutnya, formasi tersebut memang paling dibutuhkan saat ini, mengingat Pemkab Ponorogo membutuhkan CPNS sebanyak 2.400 orang. Namun, hanya beberapa formasi saja yang akan diterima.

“Kalau secara nasional memang pendidik dan kesehatan. Sisanya sesuai arahan Bapak Bupati, pembangunan dan pertanian,” jelasnya.

Meski membutuhkan 2.400 orang CPNS, Pemkab Ponorogo tahun ini hanya dapat mengajukan 422 orang sesuai dengan jumlah PNS yang akan pensiun tahun 2018.

“Karena sesuai arahan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) jumlah yang diajukan tidak boleh lebih dari jumlah PNS yang pensiun, tahun ini ada 422 PNS yang pensiun,” lanjutnya.

Iwan menuturkan, tahapan yang sudah dilakukan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) hingga kini adalah penetapan formasi. Bahkan sampai saat ini jumlah yang akan diterima belum ada kepastian, karena Menpan RB masih menunggu verifikasi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Ia berharap, pengajuan ini dapat diterima dan disetujui oleh Kemenpan RB, karena rekrutmen CPNS terakhir Pemkab Ponorogo adalah pada tahun 2011 lalu. Rekrutmen dibutuhkan untuk mengurangi beban kerja PNS yang sudah ada saat ini.

“Besarnya harapan kami karena tahun ini kita sudah diminta tahap awal penyusunan formasi, sedangkan tahun lalu hanya sebatas pengajuan data formasi saja,” pungkasnya.(gs/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.