Pemkab Banyuwangi Siapkan GOR untuk Tampung Pengungsi Gunung Agung

Yovie Wicaksono - 25 September 2017
Fajar Suasana, Kepala Pelaksana BPBD Banyuwangi (foto : Superradio/Fransiscus Wawan)

SR, Banyuwangi – Meskipun sampai saat ini masih belum terjadi letusan gunung Agung di Bali, namun kesiapsiagaan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pemkab Banyuwangi direspon positif dari semua pihak.

Kesediaan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas yang siap menampung pengungsi dari Bali ketika gunung Agung meletus, langsung direspon oleh BPBD untuk menyiapkan tempat yang dimaksud.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banyuwangi, Fajar Suasana menjelaskan, saat ini gunung Agung sudah berada di level Awas, yang merupakan level tertinggi di dunia vulkanologi untuk pengamatan gunung berapi.

Hal ini berarti gunung Agung dapat meletus sewaktu-waktu. Untuk proses evakuasi warga, pemerintah setempat sudah menyiapkan kantong-kantong evakuasi bagi warga yang mengungsi. Begitu juga dengan Pemkab Banyuwangi yang posisinya dekat dengan Bali.

“Meskipun tidak menyediakan secara khusus, namun kami akan menyiapkan tempat ketika ada limpahan warga yang mengungsi dari Bali,” ujarnya.

Dijelaskan juga oleh Fajar Suasana, Pemkab Banyuwangi memiliki tempat-tempat yang mampu menampung warga yang mengungsi. Seperti di Gedung Olahraga (GOR) Tawang Alun dengan daya tampung hingga 250 jiwa. Begitu juga dengan beberapa gedung milik Pemkab yang bisa dipergunakan.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada data resmi yang diterima oleh BPBD Banyuwangi terkait dengan adanya pengungsi yang ke Banyuwangi, karena kondisi gunung Agung masih aman.(wan/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.