Pemilu 2019 akan Berlangsung Damai

Yovie Wicaksono - 16 August 2018
Suasana SIdang Umum MPR di Jakarta, Kamis (16/8/2018). Foto : (Istimewa)

SR, Jakarta – Presiden Joko Widodo meyakini Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden secara serentak pada 2019 akan berlangsung dengan aman, damai dan demokratis. Hal itu didasarkan pada pengalaman Indonesia yang panjang dalam berdemokrasi.

“Kita bersyukur menjadi negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, sekaligus menjadi negara demokrasi terbesar keempat di dunia,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Pidato Kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-73 Kemerdekaan RI pada Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI di Gedung MPR/DPR/DPD RI Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Melansir Antara, Jokowi berpendapat Indonesia telah berhasil lepas dari ketakutan terhadap ancaman instabilitas dan kekerasan politik dalam setiap regenerasi kepemimpinan nasional maupun daerah.

Ia mencontohkan sebanyak 101 pemilihan kepala daerah serentak pada 2017 dan 171 pemilihan kepala daerah serentak pada 2018 telah berhasil dilaksanakan dengan aman dan damai.

“Rakyat menyambut pesta demokrasi itu dengan kegembiraan, dengan antusiasme yang tinggi serta kedewasaan politik yang semakin matang,” katanya.

Secara khusus Presiden juga bersyukur Indonesia memiliki Pancasila sebagai sumber energi ideologis bangsa, yang menurut dia telah memandu seluruh anak bangsa dalam mewujudkan janji-janji kemerdekaan.

“Pancasila adalah bintang pengarah, penggerak, sumber inspirasi dan sekaligus sebagai pemersatu bangsa Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika,” katanya.

Dengan berpegang teguh pada Pancasila, Presiden yakin Indonesia akan menjadi bangsa yang berdaulat dan bermartabat dalam pergaulan bangsa-bangsa lain di dunia, duduk sama rendah, berdiri sama tinggi.

Pada kesempatan itu, hadir Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta istrinya Mufidah Kalla, Presiden RI ke 3 BJ Habibie, Presiden RI ke 5 Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden RI ke 6 Try Soetrisno, Wakil Presiden RI ke-11 Boediono, para ketua lembaga negara, anggota MPR/DPR/DPD, para duta besar negara-negara sahabat serta undangan lainnya. (*/ant/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.