Pemerintah Sedang Bangun Lapas di Nusakambangan

Yovie Wicaksono - 25 July 2018
Menko Polhukam Wiranto, dalam acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan Kementerian dan Lembaga Tahun 2017 (foto : Superradio/Nina Suartika)

SR, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan pemerintah sedang membangun lembaga pemasyarakatan di Nusakambangan. Hal ini untuk menambah kapasitas lapas-lapas yang over kapasitas.

“Nusakambangan sementara dibangun untuk menambah kapasitas lapas-lapas yang over kapasitas, sedang proses pembangunan,” kata Menko Polhukam Wiranto di Jakarta, Rabu (25/7/2018).

Dikatakan, saat ini ada tiga lokasi lagi yang rencananya akan segera dibangun Lapas. Namun, pemerintah masih terus berusaha untuk mencari pulau-pulau terluar atau terpencil untuk menjadi bagian dari sistem Lapas di Indonesia.

“Tambahan lagi kalau tidak salah ada tiga lokasi yang akan dibangun. Tetapi pemikiran kita untuk juga mencari pulau-pulau terluar atau pulau-pulau terpencil untuk menjadi bagian dari sistem Lapas di Indonesia itu tetap akan kami usahakan dan itu sudah kami lakukan beberapa survey hanya saja tidak semudah membalik telapak tangan,” kata Wiranto.

Menurut dia, pulau terluar dipilih agar para narapidana tidak mudah untuk mendapatkan fasilitas dan bisa dengan mudah mendapatkan ijin untuk nonton film di luar atau nonton tenis. Dikatakan, pemerintah pun masih terus berusaha untuk bisa mengatasi permasalahan yang ada di Lapas.

“Saya kira itu bagian dari cara kami untuk bagaimana menertibkan Lapas, itu perlu waktu,” kata Wiranto.

Namun yang terpenting saat ini, katanya, bukan masalah represifnya tetapi bagaimana untuk mencegah agat Lapas tidak terlalu banyak dihuni. Caranya yaitu dengan revolusi mental yang harus dijalankan sehingga Lapas yang sekarang over kapasitas bisa berkurang.

“Kebanyakan Lapas sekarang over kapasitas karena kebanyakan ada tahanan terpidana narkoba, itu yang sekarang secara simultan ada upaya-upaya BNN untuk bagaimana dengan sungguh-sungguh menangani narkoba di Indonesia agar menyusut,” kata Wiranto. (ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.