Pemerintah Lanjutkan Program Peremajaan Sawit Rakyat

Petrus - 20 January 2018
Menko Perekonomian Darmin Nasution (foto : Superradio/Niena Suartika)

SR, Jakarta – Pemerintah terus melanjutkan Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di tahun 2018. Provinsi Riau akan menjadi tempat pertama pelaksanaan Program PSR tahun ini, yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Februari.

Ada lima Kabupaten yang kebun rakyatnya akan diremajakan yaitu Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten  Rokan Hilir, Kabupaten Kampar, Kabupaten Siak dan Kabupaten Pelalawan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, program peremajaan sawit sangat diutamakan untuk meningkatkan produktivitas yang sudah ada. Karena dari 4,7 juta hektar kebun kelapa sawit rakyat, sekitar 2,7 juta hektar perlu diremajakan.

“Program peremajaan sawit rakyat ini sangat penting. Pemerintah ingin membantu rakyat dan bukan mempersulit rakyat,” kata Menko Perekonomian Darmin Nasution, Sabtu (20/1/2018).

Tahun 2018, pemerintah menargetkan Program PSR seluas 185 hektar di 20 provinsi. Dengan cakupan sebesar itu, pemerintah mengharapkan nilai tambah produktivitas sebesar Rp. 125 triliun pertahun.

“Setahun targetnya 185 ribu, dengan target 11-20 ribu hektar lahan sawit tiap kali launching,” kata Darmin.

Sepanjang 2017, pemerintah telah melaksanakan Program PSR di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan seluas 4.446 hektar, dan Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara  seluas 9.109 hektar.(ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.