Pemerintah Kota Kediri Kembangkan Kesenian Jaranan dan Tarian Songgo Langit

Petrus - 10 March 2017
Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar memberikan sambutan sesaat sebelum memberangkatkan rombongan seniman Jaranan dan tari Songgo Langit ke Jakarta (foto : Superradio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Ratusan pelaku seni jaranan dan penari songgo langit, mengkuti Kediri Arts and Creative Industri Exhibition, di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, yang berlangsung mulai tanggal 12 hingg 13 Maret 2017.

Dikatakan oleh Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar, keikutsertaan para seniman tari jaranan dan tari songgo langit ini merupakan bentuk pelestarian budaya Kediri, dan upaya mengembangkan warisan budaya bangsa agar tidak sampai punah.

“Kami berharap Jaranan ini dikembangkan seluas-luasnya, sehingga menarik bagi yang melihat. Kalau melihatnya hanya monoton saja, terlalu pakem juga rasanya kurang peminatnya. Tapi kedepan saya berharap apa yang sudah dikembangkan oleh Pemerintah Kota Kediri, beserta dengan seniman Jaranan ini bisa dihidangkan ke seluruh masyarakat Indonesia yang ada di Taman Mini Indonesia Indah itu,” ungkap Abdullah Abu Bakar.

Pengembangan kesenian jaranan telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Kediri, salah satunya mengemas kesenian jaranan dipadukan dengan musik tekno atau kontemporer.

“Pengembangan kesenian dan budaya tradisional semoga dapat membuat masyarakat kembali tertarik dan mampu menjadikan kesenian ini sebagai daya tarik wisata di Kediri,” kata Abu Bakar.(fl/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.