Pemerintah Anggarkan 26 Triliun untuk Riset

Yovie Wicaksono - 16 February 2019
Presiden Jokowi Memberikan Keterangan Pers di Jakarta, Sabtu (16/2/2019). Foto : (Biro Pers Presiden)

SR, Jakarta – Pemerintah telah mengalokasikan anggaran untuk riset dan pengembangan sebesar Rp.26 Triliun yang tersebar pada beberapa kementerian dan lembaga. Anggaran ini diharapkan mampu mendorong anak-anak muda untuk berinovasi dan terus meningkatkan kreativitas mereka.

“Kita ini baru menyiapkan lembaga besar agar arahnya itu jelas, tembakannya itu tepat, sehingga inovasi-inovasi negara ini bisa muncul,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta, Sabtu (16/2/2019).

Presiden juga menegaskan, Pemerintah mendukung upaya penelitian dan pengembangan sektor swasta, termasuk industri start-up, terutama di bidang sumber daya manusia dan inovasi teknologi.

“Kita harus mendorong dan mendukung, baik itu yang namanya Gojek, Traveloka, Tokopedia, Bukalapak dan start-up lainnya untuk memajukan ekonomi kita, semuanya harus kita dorong,” ujar Presiden.

Selain itu, Presiden juga ingin mendorong UMKM dari offline supaya masuk ke market place, ke online sistem, agar memiliki ruang untuk berkompetisi dengan negara-negara lain. “Intinya kita semua harus mendorong anak-anak muda yang memiliki inovasi dan kreativitas,” tegas Kepala Negara. (*/red).

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.