Pembebasan Lahan Capai 80 Persen, Pemerintah Pastikan Pembangunan Bandara Kediri

Petrus - 29 May 2018
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat kunjungan di Kabupaten Kediri (foto : Superradio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan pembangunan bandara untuk wilayah Kediri bakal segera terealisasi. Budi Karya mengatakan, pihaknya sudah melakukan pembahasan terkait rencana ini, dengan sejumlah instansi yang berkaitan secara langsung.

“Bandara sedang kita bahas, sudah kita tetapkan lokasinya,” ujar Budi Karya, saat kunjungan kerja di Kabupaten Kediri, Selasa (29/5/2018).

Budi memastikan bahwa rencana pembangunan bandara di Kediri telah mendapat rekomendasi dari berbagai pihak, dianataranya Pemkab Kediri dan pihak Angkatan Udara.

“Kita sudah mendapat rekomendasi dari berbagai pihak, termasuk Pemda dan Angkatan Udara,” ujarnya.

Budi mengatakab, rencana pembangunan bandara saat ini telah memasuki tahap finalisasi desain, serta finalisasi penyelesaian soal tanah. Diperkirakan pembangunan bandara akan dilaksanakan pada tahun 2019 mendatang.

“Kalau itu selesai, insyaallah tahun 2019 kita sudah mulai,” kata Budi.

Budi menambahkan, saat ini proses pembebasan lahan milik warga telah mencapai 70-80 persen. Nantinya bila bandara telah selesai, akan dapat didarati pesawat jenis 737 ner Wody.

“Kelas pesawat tahap pertama bisa menggunakan dengan 2.400 itu, ner Wody. Tetapi itu bisa kita rencanakan untuk 3.000 meter, jadi itu bisa untuk triple seven. Ke depan jika bandara Kediri sudah jadi, nantinya sistem pengelolaannya akan di handle secara langsung oleh korporasi,” pungkasnya.(rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.