Pembangunan MERR Sisi Ruas Timur Surabaya Capai 70 Persen

Yovie Wicaksono - 16 November 2018
Pembangunan jalan lingkar tengah timur atau "Middle East Ring Road" sisi ruas timur di kawasan Gunung Anyar, Kota Surabaya, Jawa Timur. Foto : (Antara)

SR, Surabaya – Pembangunan jalan lingkar tengah timur atau “Middle East Ring Road” sisi ruas timur di kawasan Gunung Anyar, Kota Surabaya, Jawa Timur, sepanjang 1,8 kilometer saat ini sudah mencapai 70 persen.

Melansir Antara, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, di Surabaya, Jumat (16/11/2018), mengatakan saat ini pengerjaan proyek Middle East Ring Road (MERR) sisi ruas timur Gunung Anyar Surabaya sudah mencapai 70 persen, sedangkan khusus untuk sisi barat dari arah Sidoarjo sekitar 300 meter akan dianggarkan lagi pada 2019.

“Sampai akhir tahun ini, kami selesaikan satu sisi jalan dulu, karena sisi lainnya itu lebih berat, maka alokasi anggaran lagi tahun depan,” katanya.

Menurut Risma, proyek jalan ini akan membawa manfaat besar bagi masyarakat karena dari sisi lalu lintas, masyarakat yang biasa memanfaatkan Gunung Anyar untuk masuk ke Surabaya akan lebih besar kapasitasnya karena ujung jalan MERR ini akan langsung menuju tol arah ke Juanda.

Selain itu, jalan MERR dengan lebar 20 meter yang menjadi jalan utama timur-barat Surabaya ini secara tidak langsung juga akan berdampak bagi warga Gunung Anyar dari sisi ekonomi.

“Saya optimistis wilayah ini akan terangkat drastis, termasuk harga tanah sebentar lagi akan naik. Saya ingin yang menikmati adalah warga Surabaya,” ujarnya.

Risma menjelaskan proses pembangunan jalan MERR ini tidak mudah karena harus melakukan pembebasan lahan  milik warga di sepanjang jalan MERR.

Meski demikian, proses pembebasan lahan untuk MERR saat ini sudah hampir selesai semua tinggal menyisakan pembebasan lahan milik Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya.

“Saya minta untuk disurati. Kalau dulu minta dibangunkan perpustakaan, sehingga kita setorkan uangnya dan mereka yang buat sendiri,”  katanya. (*/ant/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.