Acara Debat Paslon Pilkada Kota Kediri Diwarnai Aksi Protes

Petrus - 25 April 2018
Pelaksanaan Debat Pilkada Kota Kediri (foto : Superradio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Pelaksanaan Debat Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kediri 2018 yang diselenggarakan KPU Kota Kediri diwarnai aksi protes oleh pendukung pasangan calon. Protes yang dilancarkan disela-sela acara debat ini ditujukan kepada salah satu stasiun televisi, yang saat itu sedang menayangkan secara live. Protes dilakukan karena pengambilan gambar oleh kru televisi, dianggap terlalu banyak mengambil gambar salah satu pasangan calon.

Pendukung pasangan calon sempat mendatangi tempat pengambilan gambar kru televisi, dan meminta untuk bersikap netral dan mengambil gambar secara proporsional terhadap semua calon. Pihak Kepolisian dan KPU Kota Kediri akhirnya berusaha menenangkan sejumlah pendukung yang ada di dalam gedung tempat debat dilangsungkan.

Ketua KPU Kota Kediri Agus Rofik, membenarkan terjadinya  aksi protes itu. Pihaknya telah melakukan komunikasi kepada pihak stasiun televisi untuk memberi perlakukan sama kepada pasangan calon dalam hal pengambilan gambar. KPU Kota Kediri menyatakan akan mengevaluasi kembali pelaksanaan kegiatan debat tahap pertama itu.

“Kurang kejelian dan kecermatan dari orang melakukan shooting. Apa yang kita pesankan sebelumnya untuk memberi perlakukan sama kepada semua pasangan calon secara setara,” ungkapnya.

“Itu akan kita perbaiki. Untuk yang tahap kedua nanti kita selenggarakan tanggal 22 Juni,” imbuhnya.

Dalam pelaksanaan acara debat pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kediri, dibagi dalam empat sesi. Masing-masing pasangan calon diberi kesempatan untuk memaparkan visi misinya secara bergiliran selama beberapa menit. Pasangan calon juga diberi giliran untuk bertanya langsung kepada kompetitornya.(rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.