PDI Perjuangan Jawa Timur Peringati Hari Lahir Pancasila 1 Juni

Yovie Wicaksono - 1 June 2017
Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Kusnadi, memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni (foto : Superradio/Wawan Gandakusuma)

SR, Surabaya – Peringatan Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, diselenggarakan oleh DPD PDI Perjuangan Jawa Timur. Acara diawali dengan pelaksanaan upacara bendera, di halaman kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Jalan Kendangsari Industri 57 Surabaya, Rabu (1/6/2017).

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Kusnadi, bertindak selaku inspektur upacara. Dalam amanatnya, Kusnadi membacakan Amanat Resmi Peringatan 1 Juni dari Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

Dalam amanat tersebut, disebutkan bahwa Pancasila adalah norma fundamental yang diatasnya dibangun bangunan besar yang bernama Negara Kesatuan Republik Indonesia. Namun saat ini, kebhinnekaan dan kemajemukan bangsa Indonesia mengalami ujian besar.

“Pancasila seolah dipisahkan dari para penggalinya, diselewengkan maknanya, untuk akhirnya bangsa Indonesia akan semakin jauh dari falsafah negaranya sendiri”, kata Kusnadi dalam amanat tersebut.

Megawati dalam amanat resmi yang dibacakan Kusnadi, juga menyerukan kepada segenap kader Pancasilais, agar menyatukan hati, pikiran, ucapan, tindakan, dan perjuangan untuk menjaga empat pilar kebangsaan.

“Perjuangan harus dilandasi dengan semangat Gotong-Royong. Inilah inti dari Pancasila seperti yang pernah diajarkan oleh Bung Karno, bahwa Gotong-Royong harus menjadi pola kerja bersama seluruh elemen bangsa, untuk Indonesia yang kekal-abadi,” seru Kusnadi.

Setelah upacara, peringatan Hari Lahir Pancasila dilanjutkan dengan pembukaan pendaftaran bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim pada Pilkada 2018, berbuka puasa dengan masyarakat, serta sholat berjama’ah. Sedangkan puncak acara peringatan 1 Juni digelar pada malam harinya, yang diisi dengan Renungan Suci dan Diskusi Kebangsaan tentang Pancasila.(wg/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.