Pawai Mobil Hias di Ponorogo, Semarakkan HUT ke 73 Kemerdekaan Indonesia

Yovie Wicaksono - 29 August 2018

SR, Ponorogo – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke 73 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Ponorogo menggelar pawai mobil hias dengan tema Kerja Kita Prestasi Bangsa. Pawai mobil hias ini diikuti oleh berbagai kalangan, mulai dari lembaga, masyarakat umum, hingga sekolah yang ada di Ponorogo.

“Hari ini adalah pawai mobil hias yang merupakan agenda tahunan, dan rangkaian terakhir acara perayaan HUT Kemerdekaan RI, diikuti oleh SKPD, lembaga sekolah, serta masyarakat umum juga turut memeriahkan pawai mobil hias,” kata Wakil Bupati Ponorogo, Soedjarno, Rabu (29/8/2018).

Sebanyak 115 unit mobil hias mengikuti pawai ini, dengan menampilkan beragam bentuk dan hiasan. Tidak hanya mobil hias, sekitar 500 peserta juga ambil bagian dalam pawai ini dengan mengenakan kostum dan riasan yang unik. Pawai melewati sejumlah jalan utama di Ponorogo, dengan jarak sekitar 10 kilometer.

Peserta pawai, Andik Bayu Mukti yang merupakan perwakilan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), menampilkan mobil hias dengan tema mengambil tema kesederhanaan. Mobil dihias berbentuk rumah sederhana berdinding bambu anyam atau sesek, dengan beratapkan daun kelapa.

“Ini dimaksudkan sebagai bentuk bangunan tahan gempa, mengingat banyak gempa di Indonesia terutama di Lombok. Bahkan tadi malam, Ponorogo merasakan gempa juga akibat titik gempa berasal dari Yogyakarta,” terangnya.

Selain itu, tampak pula para penyandang disabilitas juga turut meramaikan pawai mobil hias. Peserta yang tergabung dalam Disable Motorcycle Indonesia (DMI) ini ikut berkeliling di sepanjang jalan Ponorogo, dengan sepeda motor roda tiga miliknya.

Berbagai macam tema dan bentuk mobil hias, serta perpaduan aneka warna dalam kostum yang dikenakan peserta saat berjalan di jalanan Ponorog, untuk memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI.

Pawai Pembangunan yang digelar pada Rabu (29/8/2018) mulai pukul 13.00 WIB, membuat sejumlh ruas jalan ditutup sementara, seperti Jalan Ahmad Yani, Basuki Rahmat, Ir. Juanda, Letjend Suprapto, Batoro Katong, Ahmad Dahlan, Urip Sumoharjo, Diponegoro dan Jalan Gatot Subroto.(gs/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.