November 2018, Surabaya Tuan Rumah Konferensi Tingkat Tinggi Pemerintahan Startup

Petrus - 26 November 2017
Ilustrasi. Gedung Balai Kota Surabaya diantara bangunan-bangunan di Kota Surabaya (foto : Superradio/Srilambang)

SR, Surabaya – Kota Surabaya akan menjadi tuan rumah Pertemuan Tingkat Tinggi ,, yang akan digelar pada bulan November 2018. Hal ini disampaikan Jaringan Kewirausahaan Global (GEN Global) kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, pada akhir Konferensi Tingkat Tinggi Startup Nations 2017, yang digelar di Tallinn, Estonia.

Pada konferensi itu, para pembuat kebijakan dan penasihat dari banyak negara akan berkumpul di Surabaya, untuk meneliti kebijakan inovatif yang mendorong pertumbuhan kewirausahaan. Para pembuat kebijakan dan penasihat akan mengeksplorasi perubahan peraturan dan inisiatif kebijakan yang inovatif, untuk membantu mempercepat pembentukan perusahaan baru dan pertumbuhan kewirausahaan di seluruh dunia.

“Surabaya dipercaya untuk menjadi tuan rumah Start Up Nations Summit di tahun 2018 mendatang,” ujar Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Muhamad Fikser.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, kata Fikser, merupakan runner-up kedua oleh Majalah Fortune untuk Walikota Terbaik Dunia pada tahun 2015, yang dinilai telah berhasil dalam mengubah Surabaya menjadi pusat pengusaha yang berkembang.

Salah satu inisiatifnya, Start Surabaya, yang merupakan inkubator startup teknologi tingkat kota pertama di Indonesia, yang berfokus pada pengusaha kreatif di industri digital. Sementara itu, Startup Nations adalah sebuah inisiatif yang dijalankan oleh Global Entrepreneurship Network, dan didanai oleh Ewing Marion Kauffman Foundation, yang akan menjadi tuan rumah pertemuan puncak tersebut.

Salah satu fungsi utama KTT ini adalah untuk mengidentifikasi upaya yang paling menjanjikan, untuk dibawa sebelum pertemuan menteri pemerintah pada bulan-bulan selanjutnya di Kongres Kewirausahaan Global. Selain itu, GEN telah mulai meluncurkan serangkaian panel kebijakan dan hackat kebijakan di semua tingkat, untuk memfasilitasi pembagian pengetahuan yang luas.

“Banyak pemimpin pemerintahan telah menunjukkan komitmen untuk menetapkan lingkungan kebijakan, yang memungkinkan pengusaha berkembang,” kata Jonathan Ortmans, Presiden Jaringan Kewirausahaan Global, melalui keterangan pers yang dikeluarkan Humas Pemkot Surabaya.

“Bangsa Startup adalah komitmen kami untuk membantu mereka mengidentifikasi dan menerapkan kebijakan dan program yang dapat memberikan dampak yang berarti,” lanjutnya.

Sebelumnya, Startup Nations Summit telah diselenggarakan di Toronto (Kanada), Kuala Lumpur (Malaysia), Seoul (Korea), Monterrey (Meksiko), Cork (Irlandia) dan Tallinn (Estonia). Konferensi Tingkat Tinggi Startup 2018, akan diselenggarakan di Surabaya mulai bulan November 2018.(ptr/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.