Nelayan Dihimbau Waspadai Gelombang Tinggi

Yovie Wicaksono - 19 August 2017
Prakirawan pada BMKG Banyuwangi,Yustoto Windiarto Menunjukkan Peta Gelombang Laut. Foto : (Superradio/Fransiskus Wawan)

SR, Banyuwangi – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Banyuwangi menghimbau para nelayan untuk waspada dengan datangnya gelombang yang relatif tinggi. Dalam beberapa hari kedepan, gelombang laut di pesisir Banyuwangi dan sekitarnya masih diatas 2 meter.

“Tinggi gelombang di selat Bali antara 0,3 sampai 1,5 meter. Namun yang paling diwaspadai adalah perairan Selatan dari Kabupaten Banyuwangi, yakni berkisar antara 2 hingga 3 meter,” ujar Prakirawan pada BMKG Banyuwangi, Yustoto Windiarto, Sabtu (19/8/2017).

Dengan tinggi gelombang yang mencapai 3 meter, Yustoto menghimbau para nelayan yang melaut di perairan Selatan dari Kabupaten Banyuwangi untuk berhati-hati dan tetap waspada dengan situasi gelombang.

Yustoto juga meminta kepada wisatawan yang sedang berlibur di pantai, untuk tetap waspada dengan tingginya gelombang dan kecepatan angin yang cukup kencang.

“Kepada para wisatawan yang sedang berlibur di daerah pantai sepanjang Selatan dari Kabupaten Banyuwangi, mulai dari pantai Blimbingsari, Rogojampi, Muncar, Grajagan hingga Pulau Merah, untuk lebih berhati-hati dan tetap mengindahkan peringatan dini baik dari BMKG maupun dari pengawas pantai,” tegasnya.

Sekedar informasi, mulai 18 hingga 20 Agustus 2017, cuaca di wilayah Kabupaten Banyuwangi dan sekitarnya dalam kondisi cerah berawan. Suhu udara berkisar antara 21 sampai 30 derajat celcius, dengan kelembapan antara 67 hingga 90%. Kecepatan angin berasal dari arah Tenggara menuju Selatan berkisar antara 6 hingga 32 km/jam atau 6 hingga 15 knots. (wan/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.