Mulai Hari Ini Berlaku Aturan Baru Cek In Kereta Api

Fena Olyvira - 17 January 2019
Seorang Penumpang Kereta Api Sedang Melakukan Check-in pada Mesin Check-in Counter, di Stasiun Gubeng, Surabaya, Kamis (17/1/2019). Foto : (Humas PT KAI Daop 8 Surabaya)

SR, Surabaya – PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberlakukan aturan baru mulai 17 Januari 2019 pukul 15.00 WIB, terkait Check-in (mencetak Boarding Pass) guna mempermudah penumpang yang akan menggunakan kereta api (KA).

“Bagi penumpang yang telah mendapatkan bukti pembelian tiket kereta api (blanko tiket putih, email notifikasi, struk, dan e-ticket), kini sudah dapat melakukan Check-in pada mesin Check-in Counter di semua stasiun online yang melayani KA Jarak Jauh,” ujar Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto melalui siaran pers yang diterima Super Radio, Kamis (17/1/2019).

Check-In di seluruh stasiun online ini hanya dapat dilakukan mulai H-7 hingga H-1 (24 jam) sebelum keberangkatan kereta api. Jika kurang dari 24 jam, penumpang hanya bisa melakukan Check-in di stasiun keberangkatannya dan stasiun antara sesuai relasi tiket kereta api.

“Sebagai contoh, penumpang KA Bangunkarta (relasi Surabaya Gubeng – Gambir / KA 55) yang akan berangkat tanggal 2 Februari 2019, dapat Check-in di Stasiun Surabaya Pasar Turi ,atau Stasiun Wonokromo, atau Stasiun Malang, atau stasiun online lainnya, selambat‐lambatnya tanggal 1 Februari 2019 (24 jam sebelum jadwal kereta api berangkat),” jelas Suprapto.

Suprapto menambahkan, jika kurang dari 24 jam (2 Februari 2019), penumpang  tersebut hanya bisa melakukan Check-in di stasiun keberangkatannya yaitu Stasiun Surabaya Gubeng, dan stasiun antara sesuai relasi tiket kereta api (dari Stasiun Surabaya Gubeng  hingga Stasiun Gambir), seperti Stasiun Mojokerto, Stasiun Jombang, Stasiun Kertosono, Madiun, Stasiun Yogyakarta dan stasiun dilintas KA tersebut lainnya.

Perubahan aturan ini bertujuan untuk memudahkan penumpang yang ingin melakukan Check-in jauh-jauh hari dari stasiun online terdekat yang mereka inginkan. Hal ini juga dapat mencegah keterlambatan penumpang dikarenakan adanya antrean Check-In di mesin Check-In Counter pada hari keberangkatan.

Selain itu, KAI juga telah menyediakan fitur e-boarding pass pada aplikasi KAI Access. Fitur ini membuat penumpang tidak perlu lagi repot-repot mengantre di mesin Check-In Counter untuk Check-In. E-boarding pass dapat diakses oleh penumpang mulai dari 2 jam sebelum keberangkatan KA-nya.

Dengan berbagai kemudahan ini, KAI berharap dapat membuat penumpang menjadi lebih nyaman dalam melakukan perjalanan kereta api, dari mulai sebelum keberangkatan, selama perjalanan, hingga tiba di stasiun tujuan. (*/red)

 

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.