Mudik Lebaran, ASDP Banyuwangi Siapkan 49 Kapal

Yovie Wicaksono - 30 May 2017
Suasana di Pelabuhan Penyeberangan Ketapang Banyuwangi, Selasa (30/5/2017). Foto : (Superradio/Fransiskus Wawan)

SR, Banyuwangi – PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang – Gilimanuk menyiapkan 49 kapal untuk angkutan mudik lebaran tahun ini.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang – Gilimanuk, Elvi Yoza mengatakan, 49 kapal itu untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang selama perjalanan arus mudik maupun balik yang menggunakan jasa angkutan laut di penyeberangan Selat Bali.

“Nanti disesuaikan dengan kondisi apakah sedang, padat, atau sangat padat,” kata Elvi Yoza, ketika ditemui Superradio, Selasa (30/5/2017).

Elvi menambahkan, dari 49 kapal tersebut nantinya akan dioperasikan sebanyak 32 saja. “Jika padat, nanti 12 kapal akan disiagakan di dermaga Landing Craft Merchandt (LCM), dan 20 kapal di dermaga ASDP. Jadi kita masih punya 17 kapal yang standby di sini,” jelasnya.

Secara keseluruhan kapal tersebut dalam kondisi siap. Begitu juga dengan kesiapan mengenai sarana dan prasaran meliputi kesiapan dermaga pelabuhan. Hal ini bertujuan untuk mengurai kepadatan dari jumlah penumpang yang diperkirakan akan melonjak mulai H-7 Lebaran.

“Di LCM ada 3 dermaga, sedangkan di ASDP kita punya 4. Jadi total ada 7 yang kita siapkan dan semua dalam kondisi siap. Termasuk juga tempat loket dan petugas manifest,” terangnya. (wan/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.