Mini Agrowisata Pagesangan, Andalan Baru Tempat Wisata dan Rekreasi Edukasi di Surabaya

Yovie Wicaksono - 6 February 2018
Mini Agrowisata, obyek wisata dan rekreasi edukasi di Jalan Pagesangan, Surabaya (foto : Humas Pemkot Surabaya)

SR, Surabaya – Kota Surabaya memiliki satu obyek wisata bernuansa pertanian, sekaligus tempat rekreasi edukasi yang diberi nama Mini Agrowisata. Tempat wisata dan rekreasi edukasi ini terletak di Jalan Pagesangan, dan dibawah pengelolaan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya.

Sebagai upaya menarik minat masyarakat untuk berkunjung, Pemkot Surabaya telah membuka Mini Agrowisata ini pada hari libur, Sabtu dan Minggu. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya, Joestamadji mengatakan, Mini Agrowisata sengaja dibuat untuk masyarakat terutama pelajar, sebagai media pembelajaran di bidang pertanian, peternakan dan perikanan.

“Harapannya agar masyarakat lebih mengenal, mengerti, dan mengetahui cara bercocok tanam, beternak dan budidaya ikan,” kata Joestamadji, Selasa, (6/2/2018).

Mini Agrowisata dibuka pada Senin-Jumat mulai pukul 08.00-14.00 WIB. Sedangkan pada hari libur, Sabtu dan Minggu dibuka padai pukul 09.00-15.00 WIB.

Masyarakat yang berkunjung dapat menikmati pemandangan khas perkebunan di tengah perkotaan. Terdapat berbagai jenis tanaman, mulai dari tanaman TOGA, Anggrek, serta berbagai jenis sayuran. Ada pula beberapa jenis hewan, seperti kelinci, ayam kalkun, kambing, burung hantu dan ikan.

Pengunjung juga dapat merasakan sensasi terapi ikan, dengan memasukkan kaki ke dalam air berisi ikan terapi, di saluran air antara kedua sisi jalan utama.

“Animo masyarakat cukup tinggi. Mini Agrowisata ini relatif terus meningkat dari tahun ke tahun. Mereka biasanya adalah siswa-siswi Play Group, TK, dan SD yang belajar tentang pembibitan, penanaman pohon, beternak ayam, kelinci, dan ikan. Mereka akan didampingi oleh petugas,” kata Joestamadji.

Instansi atau sekolah yang ingin berkunjung ke Mini Agrowisata terlebih dahulu harus mengajukan surat permohonan, untuk menentukan tanggal kunjungan. Pengajuan surat permohonan melalui surat disertai keterangan maksud dan tujuan kunjungan.(ptr/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.