Mensos Kunjungi Korban Gempa di Sumbawa

Yovie Wicaksono - 26 August 2018

SR, Mataram – Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita mengunjungi korban gempa bumi yang berada di posko pengungsian di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Minggu (26/8/2018).

“Hari ini, saya melanjutkan tugas yang diamanahkan Presiden Joko Widodo untuk mengunjungi saudara-saudara kita yang menjadi korban gempa di Pulau Sumbawa,” kata Agus kepada Antara, sebelum bertolak ke Pulau Sumbawa dari Bandara Internasional Lombok, Kabupaten Lombok Tengah.

Sebelumnya, Agus mengunjungi ratusan kepala keluarga yang mengungsi di posko pengungsian kantor Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat, Sabtu (25/8/2018), pada 21.00 WITA.

Dalam kunjungan tersebut, pria yang dilantik sebagai Menteri Sosial oleh Presiden Joko Widodo, pada Jumat (24/8/2018), menggantikan Idris Marham itu, menyerahkan bantuan peralatan dapur umum yang akan digunakan pengungsi pasca tanggap bencana yang berakhir 25 Agustus 2018.

Selain itu, memberikan dana bantuan tahap ketiga sebesar Rp3,5 miliar yang diterima oleh Kepala Dinas Sosial NTB Ahsanul Khalik.

Bantuan tersebut terdiri atas 10.000 paket kebutuhan pokok senilai Rp2,5 miliar, alat dapur 1.000 paket senilai Rp1,06 miliar, dan uang duka senilai Rp20 juta yang diterima oleh ahli waris dua relawan Palang Merah Indonesia yang meninggal dunia saat menjalankan tugas.

Tiba di Bandara Sultan Mahmud Kaharuddin Sumbawa Besar pada 09.40 WITA, Agus, dan rombongan menuju ke lokasi bencana di Kecamatan Alas.

Tiba di lokasi bencana, Agus melanjutkan perjalanan dengan meninjau daerah terdampak, penyerahan santunan ahli waris, dan bantuan sosial Program Keluarga Harapan.

Agus juga akan memanfaatkan kunjungan kerja pertama kalinya ke NTB, untuk mengumpulkan berbagai informasi dan permasalahan di lapangan seputar penanganan dampak gempa.

“Berbagai permasalahan dan masukan akan saya bawa ke Jakarta untuk dibahas bersama Presiden Joko Widodo,” kata Agus. (*/ant/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.