Menlu Kunjungi Sekolah Indonesia Jeddah

Yovie Wicaksono - 5 March 2019
Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi Menyapa Siswa TK Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ) dalam Kunjungan Mendadaknya, pada Senin (4/3/2019) waktu setempat. Foto : (Kemenlu)

SR, Jeddah – Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi menyapa para guru serta siswa TK hingga SMA Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ) dalam kunjungan mendadaknya, pada Senin (4/3/2019) waktu setempat.

Retno juga melihat kondisi gedung SIJ yang oleh Pemerintah Indonesia direncanakan akan  segera dipindahkan ke gedung baru yang lebih baik. Kunjungan ini adalah kunjungan Retno pertama ke sekolah SIJ sejak berdiri tahun 1964.

“Anak-anak Indonesia di luar negeri punya hak yang sama mengenyam pendidikan dengan teman-teman mereka di Indonesia. Tugas Pemerintah memastikan mereka mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan nyaman”, tutur Retno kepada kepala sekolah SIJ dan para guru yang ditemui saat kunjungan dadakan tersebut.

Sejak berdiri, setiap tahunnya SIJ mendidik sekitar 1.200 siswa TK hingga SMA, yang sebagian besar adalah putra-putri Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Jeddah dan sekitarnya. Tidak sedikit dari anak-anak tersebut yang tidak memiliki ijin tinggal resmi bahkan tidak memiliki identitas.

Saat ini SIJ masih menggunakan gedung yang disewa sejak tahun 2003. Pemerintah sedang mencarikan gedung yang lebih baik agar proses belajar mengajar dapat berlangsung lebih baik.

Selain SIJ, terdapat dua sekolah Indonesia lainnya yang dikelola Pemerintah Indonesia di Arab Saudi yaitu Sekolah Indonesia Makkah (SIM) dan Sekolah Indonesia Riyadh (SIR). (*/red)

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.