Menko Polhukam Tekankan Pentingnya Sinergitas Kementerian Lembaga Tangkal Berita Hoax

Yovie Wicaksono - 29 November 2018
SR, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, menekankan pentingnya sinergitas antar Kementerian/Lembaga yang perlu ditingkatkan dalam mengantisipasi penyebaran berita hoax. Wiranto melihat kondisi bangsa saat ini, khususnya di media sosial, masyarakat sering dihadapkan pada permasalahan berita hoax maupun hate speech yang berdampak pada kegaduhan yang terjadi di masyarakat.

“Kegaduhan yang terjadi sering menggunakan sentimen identitas yang bermuara pada hate speech, sehingga bisa merusak semangat kemajemukan yang berlandaskan Kebhinnekaan,” kata Menko Polhukam Wiranto, saat melantik Marsda TNI Rus Nurhadi Sutedjo, sebagai Deputi Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi, dan Aparatur (Kominfotur), dan Marsma TNI Ahmad Sajili sebagai Staf Ahli Bidang Ketahanan Nasional di lingkungan Kemenko Polhukam, Rabu (28/11/2018).

Wiranto berpesan kepada Deputi Kominfotur yang baru saja dilantik, untuk dapat mengisi peran dalam menyinergikan antara pemerintah dengan pengelola media. Sedangkan kepada Staf Ahli Ketahanan Nasional yang baru saja dilantik, agar dapat memberikan kontribusi terbaik dalam rangka menunjang keberhasilan tugas pokok pemerintahan, seperti tegaknya hukum dan ketertiban, terwujudnya kesejahteraan dan kemakmuran, terselenggaranya pertahanan dan keamanan, serta terwujudnya keadilan hukum dan keadilan sosial.

“Untuk itulah, Kemenko Polhukam harus senantiasa tanggap, siaga dan terus menerus meningkatkan atensi dalam mengawal stabilitas di bidang politik, hukum dan keamanan. Utamanya melalui pelaksanaan tugas dan fungsi Kemenko Polhukam dalam mengkoordinasikan, menyinkronkan dan mengendalikan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan di bidang Polhukam,” kata Wiranto.

Dalam kesempatan itu, Menko Polhukam juga melepas Marsda TNI (Purn) Suwandi Miharja, M.D.S yang sebelumnya menjabat sebagai Deputi Bidkor Kominfotur. Menko Polhukam mengucapkan terima kasih atas pengabdian, dedikasi dan loyalitas yang telah diberikan selama mengemban jabatan.

“Saya berharap saudara dapat terus melanjutkan pengabdian kepada bangsa dan negara pada wilayah pengabdian lainnya,” kata Wiranto.(ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.