Menko Polhukam Tegaskan Penanganan Asap di Sumsel Harus Diselesaikan Jelang Asian Games

Petrus - 14 August 2018
Menkopulhukam Wiranto Saat Memberikan Keterangan Pers. Foto : (Super Radio/Nina Suartika)

SR, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto menegaskan, agar penanganan kebakaran hutan dan lahan di Sumatera Selatan dapat segera diselesaikan. Hal ini karena Sumatera Selatan merukan salah satu daerah yang akan menjadi pelaksana gelaran Asian Games 2018 bersama Jakarta.

“Masalahnya sekarang kebakaran itu ada di dekat dengan lokasi pelaksanaan Asian Games, terutama di Jakabaring, Sumatera Selatan. Sehingga ada satu upaya yang ektra keras untuk bagaimana caranya supaya di sekitar itu penyelengaraan Asian Games tidak terkena asap,” kata Menko Polhukam Wiranto, di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (14/8/2018).

Dikatakan oleh Wiranto, jika asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih belum padam, maka akan mengganggu para atlet yang sedang bertanding. Maka, Provinsi Sumatera Selatan harus benar-benar bebas dari asap.

“Bayangkan kalau terkena asap, para atlet datang dari berbagai negara ada 40 negara, mereka datang bertanding dan terganggu asap. Maka betul-betul Sumatera Selatan harus bebas asap, terutama pada saat Asian Games,” kata Wiranto.

Meskipun demikian, berdasarkan ramalan BMKG, badai el nino akan terjadi pada saat Asian Games. Hal ini akan mengakibatkan cuaca menjadi panas.

“Namun, dengan kerja sama, kerja keras, satu upaya yang sungguh-sungguh, maka diyakini TNI, Kapolri turun tangan, semua pemangku kepentingan yang ikut bicara masalah penanggulangan kebakaran hutan turun tangan dengan segala upaya, maka dijamin penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakabarinng akan aman dari asap, termasuk perhitungan angin, sehingga tidak mengenai lokasi itu,” kata Wiranto.(ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.