Menko Polhukam Hadiri Upacara Penghormatan Presiden Vietnam yang Wafat

Petrus - 27 September 2018
SR, Vietnam – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, ditunjuk sebagai Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, untuk mewakili Presiden serta rakyat Indonesia memberikan penghormatan terakhir kepada mendiang Presiden Vietnam, Tran Dai Quan. Presiden Joko Widodo berharap, semoga Yang Mulia Presiden Tran Dai Quang beristirahat dengan tenang.
“Kehadiran saya di sini sebagai Utusan Khusus Presiden Jokowi untuk mewakili beliau, negara dan rakyat Indonesia, pada upacara persemayaman Presiden Vietnam Tran Dai Quang yang wafat pada hari Jumat lalu,” ujar Menko Polhukam Wiranto, di Hanoi, Vietnam, Rabu (26/9/2018).
Menko Polhukam didamping Duta Besar RI untuk Vietnam H. E. Ibnu Hadi, melakukan peletakan bunga dan penghormatan terakhir kepada jenazah Presiden Tran. Selain itu, ia juga menyampaikan surat dari Presiden Joko Widodo kepada Deputy Prime Minister Vietnam H.E. Mr. Truong Hoa Binh.
“Atas nama pemerintah dan rakyat Republik Indonesia, sekali lagi, saya mengucapkan duka cita yang mendalam kepada Pemerintah dan rakyat Republik Sosialis Viet Nam, atas berpulangnya Presiden Tran Dai Quang,” kata Wiranto seperti dikutip dalam surat tersebut.
Kedatangan Menko Polhukam Wiranto sebagai Utusan Khusus Presiden Joko Widodo, merupakan refleksi kedekatan antara Indonesia dengan Vietnam sebagai mitra strategis di Asia Tenggara.
Sebelumnya, pada tanggal 11 sampai 12 September 2018 lalu, Presiden Joko Widodo telah melakukan kunjungan kenegaraan ke Vietnam, sekaligus menghadiri pertemuan World Economic Forum Asia Tenggara. Kedua Kepala Negara juga menyepakati berbagai kerja sama, mulai dari bidang perdagangan, pemberantasan pencurian ikan illegal di perairan masing-masing, Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) kedua negara, serta bidang perdamaian khususnya terkait masalah Laut Tiongkok Selatan.(ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.