Menko Polhukam Berharap Hubungan Indonesia-Myanmar Semakin Mendalam

Petrus - 5 January 2018
Menko Polhukam Wiranto menghadiri peringatan Hari Kemerdekaan Myanmar ke 70 di Jakarta (foto : Superradio/Niena Suartika)

SR, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto menghadiri Peringatan Hari Kemerdekaan Myanmar ke-70, di Jakarta, Jumat (5/1/2018). Mewakili pemerintah dan masyarakat Indonesia, Wiranto mengucapkan selamat dan berharap agar rakyat Myanmar berbahagia, sukses dan sejahtera.

“Saya berharap pada peringatan Kemerdekaan Myanmar yang ke 70 ini, seluruh rakyat Myanmar bahagia, sukses dan sejahtera,” kata Menko Polhukam Wiranto.

Wiranto mengatakan, Indonesia dan Myanmar perlu memperdalam hubungan bilateral dalam sektor-sektor yang memiliki potensi untuk dikembangkan di masa mendatang.

“Dari kunjungan saya ke Naypyidaw bulan lalu, saya menyadari bahwa Indonesia dan Myanmar perlu memperdalam hubungan bilateral dalam beberapa sektor, seperti pertanian, industri, peternakan, tekstil, manufaktur, dan produk makanan,” ujar Wiranto.

Dalam kesempatan tersebut, Wiranto menceritakan mengenai Indonesia yang memiliki hubungan pertemanan cukup lama dan saling menguntungkan dengan Myanmar. Menurutnya, Myanmar merupakan rekan Indonesia dalam berbagai bidang, juga rekan sesama anggota ASEAN.

Saat ini Indonesia dengan Myanmar juga sedang menjalin kerjasama di bidang keamanan, seperti melawan perdagangan manusia.

“Pemerintah Indonesia memfasilitasi institusi untuk mencapai target perlawanan terhadap perdagangan manusia, dengan memberikan bantuan melalui Kedutaan Myanmar,” imbuh Wiranto.

Selain itu, pemerintah Indonesia juga turut membantu permasalahan di Rakhine State, diantaranya membangun sekolah dan rumah sakit, serta menyediakan pendampingan kemanusiaan.

“Bersama anggota ASEAN kita perlu terus memainkan peran yang signifikan dalam mempererat komunitas ASEAN, bersama kita bangun ASEAN yang lebih kuat,” pungkas Wiranto.(ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.