Menkes Imbau Masyarakat Antisipasi Masalah Kesehatan Saat Mudik

Yovie Wicaksono - 20 June 2017
Ilustrasi. Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek menandatangai spanduk peduli penanganan HIV AIDS pada peringatan hari AIDS sedunia 1 Desember di gedung negara Grahadi Surabaya (foto : Superradio/Srilambang)

SR, Jakarta – Pemerintah memastikan pelayanan kesehatan baik di rumah sakit, Puskesmas, dan pos kesehatan di jalur perlintasan mudik sudah siap. Pemudik dihimbau tetap menjaga kesehatan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

“Saya menghimbau kepada masyarakat agar kalaupun kesiapan kami sudah, tapi masyarakat harus menyadari penting menjaga kondisi dirinya. Jika lelah istirahatlah dan jangan meminum obat yang membuat ngantuk dan minuman beralkohol,” kata Menkes Nila F Moeloek, Selasa (20/6/2017).

Selain itu, ia menekankan agar istirahat setiap 4 jam. Nila meminta Dinas Kesehatan untuk menyediakan pemeriksaan darah, harus ada ambulan roda 4 dan roda 2 di setiap pos kesehatan dan pentingnya 119 untuk koordinasi rumah sakit terdekat bilamana ada yang sakit darurat.

“Misalnya kalau tensinya tinggi ya turunkan dulu, istirahat dulu jangan maksa. Semuanya kita siapkan,” kata Nila.

Nila juga meminta setiap pos kesehatan agar memperhatikan kebersihan dan kenyamanan pasien. Dikatakan, pos kesehatan harus memperhatikan tempat istirahat bagi tenaga kesehatan yang jaga, dan untuk warung atau toko makanan agar tidak menjual mainuman beralkohol dan memeriksa makanan kadaluarsa.

“Walaupun ada bir nol persen kalo saya tidak setuju dan ditarik saja. Bukannya apa-apa tapi buat keselamatan. Mereka mampir ke sini (rest area) untuk perjalanan jauh,” ujar Nila.(ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.