Menkes Himbau Masyarakat Jaga Kesehatan dan Keselamatan Saat Mudik

Yovie Wicaksono - 22 June 2017
Ilustrasi. Pemeriksaan kesehatan awak kendaraan umum (foto : Superradio/Srilambang)

SR, Jakarta – Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek memberangkatkan 880 orang pegawai beserta keluarganya dalam rangka program Mudik Lebaran Bersama Kementerian Kesehatan, di halaman kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan.

Selain bertujuan mendukung kebijakan pemerintah dalam hal mengurangi kemacetan dan menurunkan risiko kecelakaan, kegiatan ini juga bermanfaat secara ekonomis utamanya bagi pegawai golongan I, II dan III serta pegawai honorer, pramubakti, supir, outsourcing dan lainnya.

“Tidak terasa sudah berjalan lima tahun dan telah banyak kemajuan yang dicapai, salah satunya jumlah bus mudik dan balik bertambah cukup signifikan, yakni pada tahun 2016 adalah 18 bus mudik dan 10 bus balik, sementara di tahun ini berjumlah 22 bus mudik dan 10 bus balik,” ujar Sekretaris Jenderal Kemenkes, Untung Suseno Sutarjo, Kamis (22/6/2017).

Adapun jurusan bus mudik dan bus balik dalam program Mudik Bersama Kemenkes tahun 2017 antara lain Purworejo (PP), Yogyakarta (PP), Solo (PP), Surabaya (PP), Lampung, Palembang dan Padang.

“Seluruh pengemudi dan kondektur sudah diperiksa kesehatannya melalui pemeriksaan darah dan urine. Sebelum berangkat, juga dilakukan senam peregangan,” kata Untung.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek meminta agar para pegawainya selalu menjaga kesehatan, memelihara daya tahan tubuh dan selalu menerapkan gerakan masyarakat sehat (GERMAS), dengan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) serta tidak merokok selama perjalanan. Selain itu, ia juga berpesan kepada para pengemudi dan segenap awak bus agar senantiasa berhati-hati dan mentaati peraturan lalu lintas.

“Jika merasa lelah segera digantikan dengan supir cadangan. Jangan lupa istirahat agar dapat mengemudikan kendaraan dengan baik dan aman, selamat sampai tujuan,” kata Nila.

Nila berharap seluruh pemudik tetap sehat di perjalanan, selamat sampai tujuan, tetap sehat sehingga nanti dapat kembali bekerja tetap dalam kondisi prima.

“Saudara-saudara sekalian yang akan segera berangkat ke kampung halaman untuk berlebaran, saya ucapkan selamat jalan dan selamat merayakan hari kemenangan Idul Fitri 1438 H / 2017 M, mohon maaf lahir dan batin,” pungkasnya.(ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.