Menjelajah Samalona, Pulau Kecil di Tengah Kota Makassar

Petrus - 2 December 2017
Pulau Samalona di Makassar (foto : Superradio/Niena Suartika)

SR, Makassar – Libur panjang paling asyik jika diisi dengan wisata ke tempat-tempat menarik dan menyimpan banyak keindahan. Indonesia sebagai negara kepulauan tentu memiliki tempat-tempat tersebut, khususnya di daerah pesisir.

Seperti di Raja Ampat, Lombok, Kepulauan Seribu, bahkan di kota-kota besar yang berdekatan dengan pantai, dan menyimpan banyak pulau-pulau kecil seperti di Makassar. Memang Makassar memiliki pulau kecil nan indah yang diberi nama Pulau Samalona.

Tidak hanya wisatawan domestik yang berkunjung ke Pulau tersebut, tetapi juga wisatawan asing. Seperti Zubaidah, pengunjung asal Malaysia yang tertarik dengan keindahan Pulau Samalona.

“Saya ke sini bersama teman-teman, ada 49 orang yang ke sini,” kata Zubaidah.

Menurutnya, Pulau Samalona sangat indah karena hanya berupa pulau kecil. Ia juga bisa melakukan snorkling dan melihat pemandangan bawah laut yang indah.

Demoneh, salah satu warga di Pulau Samalona mengatakan, setiap libur panjang banyak pengunjung yang datang ke pulau ini.

“Kalau liburan biasanya ramai, tapi kalau hari biasa hanya beberapa saja,” katanya.

Dikatakan oleh Demoneh, untuk memenuhi kebutuhan pengunjung, warga sekitar menyiapkan penginapan berupa rumah panggung, kedai makanan yang menyajikan makanan laut, dan wisata bawah laut.

Untuk sampai ke Pulau Samalona, wisatawan bisa membayar kapal seharga Rp. 400 ribu sampai Rp 500 ribu dari dermaga. Itu juga tergantung kemampuan wisatawan untuk bisa menawar harga sewa kapal.(ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.