Menhan AS Meminta Maaf Atas Insiden Pencegahan Kepergian Panglima TNI ke AS

Petrus - 24 October 2017
Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu (kanan) bertemu dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Mattis (foto : Istimewa)

SR, Filipina – Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Mattis, di sela-sela Sidang ke 11 ADMM dan Sidang ke 4 ADMM PLUS, yang diikuti oleh Menteri Pertahanan kedua negara tersebut di Clark, Pampanga, Filipina. Pertemuan ini membahas mengenai ancaman terorisme secara global dan yang terjadi di Asia Tenggara.

Dalam pertemuan itu juga, Menhan Amerika Serikat menyampaikan permintaan maaf atas insiden pencegahan kepergian Panglima TNI masuk ke wilayah Amerika Serikat oleh pihak imigrasi dan kepabeanan Amerika Serikat, kemarin.

“Kami meminta maaf dan berharap hal seperti ini tidak akan terulang kembali mengingat hubungan kerjasama pertahanan yang telah terjalin baik selama ini,” kata James Mattis, Selasa (24/10/2017).

Sementara itu, Ryamizard Ryacudu berharap, apapun masalah yang melatarbelakanginya dapat segera diselesaikan oleh Pemerintah Amerika Serikat dan hal ini tidak akan mengganggu hubungan baik kedua negara, terutama dalam bidang pertahanan.

Sebelumnya diberitakan bahwa Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo ditolak masuk ke Amerika Serikat, saat hendak menghadiri undangan kemiliteran  di Amerika Serikat. Gatot ditolak masuk ke Amerika Serikat oleh US Custom and Border Protection.(ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.