Melalui Superstar Puti Berdayakan UMKM dan Koperasi Di Jawa Timur

Petrus - 7 June 2018
Puti Guntur Soekarno bertemu dan berbincang dengan pengrajin gamelan di Ponorogo (foto : Superradio/Gayuh Satria)

SR, Ponorogo – Safari politik Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Timur, Puti Guntur Soekarno kali ini mendatangi sentra pembuatan gamelan di Kelurahan Paju, Kecamatan Ponorogo, Kabupaten Ponorogo. Dalam kunjungannya, Puti menyempatkan diri melihat langsung proses pembuatan gamelan, serta berdialog dengan para pengrajin gamelan.

“Melihat potensi UMKM ini kami punya progam namanya ‘superstar’, progam ini untuk pemberdayaan UMKM dan koperasi, karena ini saling berkaitan, serta start up bisnis untuk kalangan anak muda,” kata Puti, disela-sela kungjungannya, Kamis (7/6/2018).

Menurutnya, UMKM di Jawa Timur menyumbang Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sebesar 54,98 persen yang terbagi atas ekonomi mikro, ekonomi kecil dan ekonomi menengah, sehingga pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur sangatlah penting.

“Saya melihat untuk memajukan UMKM ini peran serta dari pemerintah provinsi, sebagai fasilitator yang mengkoneksikan dan memberikan fasilitas baik itu permodalan dan pelatihan,” tuturnya.

Puti menjelaskan, penguatan pasar bisa berupa promosi dan kreativitas anak muda melalui start up bisnis. Selain itu kreativitas lain juga dibutuhkan untuk mengangkat industri UMKM di Jawa Timur, agar bisa menjadi lebih baik lagi.

“Industri-industri besar di Jatim juga dibutuhkan untuk meng-cluster-kan UMKM yang ada, dengan cara tukar koneksi dengan industri besar,” jelasnya.

Ia juga mencotohkan suatu pabrik di Cina yang punya koneksi dengan UMKM di desa-desa kecil disekitar pabrik, dengan cara membuat beberapa bahan industri kebutuhan pabrik.

“Contoh seperti ini penting untuk direplikasi di Jatim sehingga UMKM tidak bekerja sendiri-sendiri, tetapi harus disatukan dan diberikan dorongan motivasi ruang yang luas,” imbuhnya.

Cawagub nomor urut dua ini juga berharap untuk promosi dan kreativitas UMKM lebih ditingkatkan lagi, agar produknya menjadi satu industri yang dapat mengangkat pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur lebih baik lagi.

Selain mengunjungi UMKM Gamelan, Puti juga akan melakukan dialog kebangsaan dengan sejumlah mahasiswa, untuk membangun generasi muda yang mandiri dan berwawasan kebangsaan.(gs/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.