Megawati Puji Kinerja Tri Rismaharini Mengelola Kota Surabaya

Petrus - 12 September 2017
Megawati Soekarnoputri didampingi Walikota Surabaya Tri Rismaharini usai berjalan-jalan mengelilingi Kebun Bibit 2 Wonorejo (foto : Humas Pemkot Surabaya)

SR, Surabaya – Presiden Republik Indonesia ke 5 yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Senin (11/9/2017) mengunjungi sejumlah tempat di Surabaya. Selain bertemu secara khusus dengan Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Megawati Soekarnoputri menyempatkan diri mengunjungi Kebun Bibit 2 di Wonorejo, Surabaya timur.

Megawati Soekarnoputri melihat-lihat berbagai macam jenis tanaman di Kebun Bibit 2 Wonorejo, didampingi oleh Tri Rismaharini, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, serta sejumlah pejabat dan pengurus PDI Perjuangan di Surabaya dan Jawa Timur.

“Dulu luas lahan di sini sekitar enam hektar dan untuk pembibitan saja, setelah itu saya manfaatkan untuk menanam berbagai macam tanaman, kemudian ditambah camping ground. Sampai saat ini masih kita kembangkan terus,” kata Risma dalam sambutannya.

Risma menceritakan beberapa keunggulan di Kebun Bibit 2 Wonorejo, antara lain mampu melakukan pengolahan sampah secara mandiri. Dalam 1 hari, Kebun Bibit 2 Wonorejo mampu mengolah sampah yang totalnya mencapai 20 ton.

“Hal ini bisa dilakukan, karena di sini terdapat rumah kompos yang berfungsi mengumpulkan, mengolah dan mengubah limbah sampah menjadi aliran listrik,” papar Risma.

Walikota juga menceritakan banyak ilmu yang dibagikan oleh Megawati kepada dirinya, terutama dalam hal kebijakan pencegahan bencana alam dan usaha telor asin. Terkait pencegahan bencana alam, tanaman cemara udang yang ditanam Risma bersama masyarakat di Kenjeran adalah masukan dari Megawati. Melalui tanaman cemara udang ini, Surabaya berhasil menyabet penghargaan Surabaya Feature Goverment di Phuket, Thailand.

“Selain mencegah bencana alam seperti tsunami, tanaman udang cemara juga memiliki kadar oksigen yang bagus untuk lingkungan sekitar. Ini sudah dibuktikan melalui penelitian,” lanjut Risma.

Tidak hanya cemara udang dan usaha telor asin, Risma juga mendapat masukan mengenai budidaya ikan sapu-sapu yang dapat dimanfaatkan untuk penjernih air.

Sementara itu, Megawati Soekarnoputri juga mengapreasi kinerja Walikota Surabaya Tri Rismaharini, yang selama 2 periode ini telah menunjukkan prestasi dalam membangun Kota Surabaya di segala bidang. Risma, menurut Megawati merupakan sosok pekerja lapangan yang diwujudkan dalam bentuk penghargaan yang banyak diterima.

“Kinerja yang dilakukan mbak Risma sungguh luar biasa, dan untuk mengubah itu semua tidak semudah membalik telapak tangan,” kata Megawati.

Banyaknya prestasi dan penghargaan yang diterima Risma maupun Surabaya secara umum, dari dalam maupun luar negeri, diharapkan oleh Megawati dapat diapresiasi oleh masyarakat dan diteruskan oleh calon penggantinya kelak.

“Mbak Risma tidak selamanya menjadi Walikota, oleh karenanya saya berharap agar penggantinya mampu mempertahankan sekaligus meneruskan konsep yang sudah dibuat. Karena semua hal yang sudah dilakukan Pemkot Surabaya selama ini dampaknya akan kembali kepada masyarakat,” pungkas Megawati.(ptr/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.