Masyarakat Jatim Cenderung Pilih Sepeda Motor untuk Mudik

Yovie Wicaksono - 19 June 2017
Ilustrasi. Mudik Gratis di Banyuwangi (foto : Superradio/Fransiscus Wawan)

SR, Kediri – Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur telah menyediakan sekitar 700 armada bus, untuk melayani para pemudik yang akan melakukan perjalan mudik di Jawa Timur secara gratis. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun lalu karena bertambahnya peminat mudik gratis yang diadakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Kalau kita pantau selama ini, setiap tahunya ada peningkatan pelayanan mudik gratis. Baik kereta api maupun transportasi darat lainya seperti bus,” kata Edi Paripurna, Ketua Komisi D bidang Pembangunan, DPRD Provinsi Jawa Timur, saat melakukan kunjungan kerja di Kediri.

Edi memastikan, pelayanan mudik gratis untuk angkutan Lebaran diharapkan dapat membantu dan memudahkan masyarakat yang akan mudik, terutama untuk mengurangi penggunaan sepeda motor untuk mudik.

Namun demikian, pemudik dengan sepeda motor tidak banyak yang memanfaatkan layanan gratis ini, karena merasa lebih nyaman menggunakan sepeda motor.

“Termasuk kendaraan gratis, sepeda motor yang diangkut dengan truk cukup terpenuhi. Namun kendalanya masyarakat justru tidak menginginkan kendaraannya dinaikan truk, karena lebih nyaman jika kendaraannya dikemudikan sendiri,” tandas Edi.

Masyarakat dihimbau untuk memanfaatkan fasilitas mudik gratis tang telah disediakan, serta tetap berhati-hati selama dalam perjalanan.

Komisi D DPRD Provinsi Jawa Timur melaksanakan sidak di Terminal Baru Kelurahan Tamanann dan Stasiun Kediri, untuk mengecek kesiapan armada mudik lebaran.(fl/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.