Mahasiswa Untag Surabaya Ciptakan Robot Pembersih Serbaguna

Petrus - 2 March 2017
Mukti Ari Wibowo, Mahasiswa Untag dengan robot pembersih lantai ciptaannya (foto : Superradio/Srilambang)

SR, Surabaya – Mahasiswa Surabaya terus menciptakan inovasi dan karya di bidang teknologi, yang mampu membantu manusia menyelesaikan pekerjaannya. Kali ini mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Mukti Ari Wibowo, berhasil menciptakan robot pembersih lantai yang diberi nama Mr. Floor Cleanser, yang diharapkan menjadi solusi alternatif untuk mengatasi masalah kebersihan rumah.

Mukti Ari Wibowo mengatakan, robot pembersih lantai memang telah ada di negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Jepang, dengan harga yang tinggi. Namun melalui tangan terampilnya, Mukti mampu menciptakan robot yang memiliki banyak fungsi, yaitu sebagai penyapu, penyedet debu, pengepel, sekaligus mengeringkan lantai.

“Masyarakat dalam masih membersihkan rumah, terutama lantai masih dengan metode konvensional, jadi masih dibersihkan manual dengan sapu. Kita bisa setting, bisa menyapu saja sama vakum, atau sekaligus menyapu, vakum sama ngepel,” terang Mukti.

Robot pembersih buatan Mukti ini dilengkapi dengan sensor di bagian depan, untuk mendeteksi halangan yang ada di depan robot saat melakukan tugasnya. Robot pembersih ini selain memakai komponen elektronik, juga memanfaatkan bahan bekas seperti roller cat untuk pengepel, sapu ijuk, kipas untuk pengering, serta mini vakum untuk menyedot debu.

“Kedepan kita tambah sensor di samping kiri dan kanan, agar bisa mendeteksi halangan yang di samping,” kata Mukti.

Mukti membutuhkan waktu sekitar 3 bulan untuk membuatnya purwarupa robot pembersih itu, dengan biaya sekitar 2 juta rupiah. Setelah dilakukan penyempurnaan dan pengembangan, Mukti berharap robot buatannya dapat diproduksi massal untuk membantu tugas masyarakat membersihkan rumahnya.

“Kedepan masyarakat bisa memanfaatkan robot ini untuk membersihkan rumah. Waktu kerja pun bisa diatur berapa lama robot ini bekerja,” pungkasnya.(ptr/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.