Lumpuh, BMI Banyuwangi Dirawat di Taiwan

Yovie Wicaksono - 4 March 2017
Rizal Syah, BMI asal Banyuwangi Dirawat di RS Taiwan Karena Alami Kelumpuhan. (Foto : Istimewa)

SR, Banyuwangi – Rizal Syah (26) buruh migran asal Dusun Mangunrejo Rt 03 Rw 03 Desa Blambangan Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi menjalani perawatan di Wuci Tung’s Taichung Branch Hospital, Taiwan. Ia dirawat karena mengalami kelumpuhan.

Ketua Keluarga Migran Indonesia Kabupaten Banyuwangi, Topan Hadi Sucipto mengatakan, sakit yang dialami Rizal berawal dari sakit tangan yang kemudian menjalar ke punggung belakang leher, hingga kemudian seluruh badan mengalami kelumpuhan. Saat ini, Rizal hanya bisa berbicara tanpa bisa menggerakkan anggota badannya.

“Kami menerima laporan dari teman-teman di Taiwan, kemarin lusa, kalau Rizal Syah menjalani perawatan di rumah sakit. Kami telah melakukan pendampingan, dengan  membuat pengaduan ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banyuwangi bersama perwakilan PPTKIS PT. Flamboyan Gemajasa. Kami ingin kepulangan Rizal difasilitasi, guna menjalani perawatan di Banyuwangi agar dekat keluarganya,”ujarnya, Sabtu (4/3/2017).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadis Nakertrans) Kabupaten Banyuwangi Syaiful Alam Sudrajat saat ditemui Superradio mengatakan, akan membantu memfasilitasi kepulangan Rizal Syah, mulai penjemputan ambulance dari bandara Internatioanl Juanda Sidoarjo dan Perawatan di RSUD Blambangan Banyuwangi.

“ Rabu (08/03/2017), kami adakan rapat bersama dengan P4TKI dan RSUD Blambangan untuk persiapan kepulangan Rizal Syah, begitu juga akan membantu hak haknya yang harus di dapatkan termasuk asuransinya,”cetusnya.

Sementara itu, Direktur PT Flamboyan Gemajasa Lawang Malang Imanuel Darmawan Santosa mengatakan, untuk kepulangan Rizal ke Indonesia, pihaknya bersama majikan dan agensi akan memfasilitasi.Begitu juga dengan biaya rumah sakitnya.

Rizal Syah berangkat ke Taiwan, 3 Agustus 2016. Ia bekerja di Pabrik Benang Ming Pao Interprise Co. Ltd di  daerah Yuanlin Twonship Changhua County Taiwan. Pada awal bekerja Rizal tidak mengalami masalah. Tujuh bulan kemudian, Rizal mulai merasakan adanya persoalan di kesehatannya.

“Saya dapat info bahwa Rizal awalnya sakit di tangan, kemudian punggung dan sekarang lumpuh total. Kami sekeluarga hanya meminta pemerintah memfasilitasi kepulangannya agar bisa di rawat di Banyuwangi,” jelas Tukimin, kakak ibu kandung Rizal. (ka/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.