Lomba Mural dan Grafiti Semarakkan HUT Kemerdekaan di Kediri

Yovie Wicaksono - 27 August 2018

SR, Kediri – Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan, dan Olah Raga Kota Kediri, menggelar lomba melukis di tembok atau lebih dikenal dengan istilah Mural dan Grafiti. Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati hari jadi ke 1.139 Tahun Kota Kediri.

Lomba melukis mural dan grafiti ini dilakukan di lereng Gunung Klotok, sekaligus sebagai upaya Pemkot Kediri untuk mengakomodasi bakat dan kreativitas seniman muda yang ada di Kediri. Supaya terlihat lebih menarik dan natural, Pemkot Kediri memilih lokasi di objek wisata Goa Selomangkleng sebagai tempat penyelenggaraan.

“Lokasinya yang rindang dan eksotik dibawah lerang kaki Gunung Klotok membuat suasana menyejukkan,” kata Nur Muhyar, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaaan, dan Olah Raga Kota Kediri, Senin (27/8/2018).

Menurut Nur Nuhyar, Pemkot Kediri mengakomodir dan memfasilitasi mereka, agar lebih tertib dan terarah dalam menyalurkan bakat yang mereka miliki.

“Maka, ini kemudian mencoba memfasilitasi mereka, dengan bagaimana lebih tertib, terarah tapi sama sekali bukan kita mengekang kreativitas itu,” lanjutnya.

“Maka bentuknya adalah koordinasi dengan mereka, Space kita tata, kita sediakan dengan tema tertantu, dan ternyata ini lebih bagus. Mural dan grafiti kita berikan tempat di kawasan Wisata Selomangkleng,” ujarnya.

Dengan adanya kegiatan itu, diharapkan dapat diperkenalkan kesenian mural dan grafiti kepada masyarakat secara luas. Peserta yang terlibat dalam lomba kali ini sebanyak 15 kelompok, dengan mengangkat tema Tema ‘Kediri Culture’.

Selain lomba kreativitas mural dan graffiti, Disbudparpora juga menyelenggarakan kegiatan ekonomi kreatif di tempat yang sama. Di situ, pelaku usaha diperoritaskan dari kalangan pemuda.

“Kita ingin kegiatanya tidak hanya itu, kita juga ada kegiatan ekonomi kreatif oleh generasi muda juga. Alhamdulilah ini diisi oleh Karang Taruna dan Komunitas lain dikota Kediri. Sekaligus mempromosikan hasil karya mereka,” terangnya.

Acara ini diselenggarakan dengan maksud memberikan edukasi kepada para peserta, yang mayoritas adalah generasi muda diharapkan semakin berkembang dengan membranding nama Kota Kediri melalui produk hasil karya mereka di level Regional, Nasional bahkan Internasional.(adv/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.