Liga Paralayang Digelar di Ponorogo

Yovie Wicaksono - 9 September 2018

SR, Ponorogo – Liga Paralayang seri ke IV hadir ke Ponorogo, tepatnya di Gunung Gede, Desa Tatung, Kecamatan Balong. Puluhan peserta tampak membawa tas berisi parasut untuk naik ke atas gunung, menggunakan ojek motor yang disewakan oleh warga sekitar.

Peserta yang akan naik ke puncak harus beruji nyali, karena jalan yang dapat dilalui motor hanya beralaskan paving selebar 50 cm dan berkelok-kelok. Meski demikian, peserta paralayang sangat antusias untuk menguji kemampuannya, agar dapat landing tepat di bawah gunung, di tengah persawahan warga.

“Untuk bisa terbang, itu pertama harus ada angin. Kedua, apakah ada rintangan yang menghalangi untuk bisa take off. Selain itu istimewanya disini karena ada angin utara dan selatan,” kata Ketua Paralayang Jawa Timur, Arif Eko Wahyudi, Minggu (9/9/2018).

Gunung Gede sengaja dipilih sebagai satu-satunya tempat.lomba paralayang di Ponorogo, karena angin di gunung itu sangat cocok untuk take off paralayang. Selain itu, jarak menuju tempat itu dari pusat kota sekitar 15 kilometer.

Arif menjelaskan, Gunung Gede ini tidak terlalu tinggi karena hanya 200 mdpl, sehingga untuk latihan olah raga prestasi seperti paralayang sangat efektif. Kondisi itu yang mendukung peserta dapat landing, dan kemudian dapat naik lagi ke atas tanpa membutuhkan waktu yang lama.

“Apalagi disini pemandangannnya sangat bagus, hanya sedikit penambahan sarana prasarana dan perbaikan infrastruktur akan sangat bagus,” tuturnya.

Salah satu peserta dari DKI Jakarta Raju Andika, mengaku sangat senang dapat terbang dari Gunung Gede, terlebih karena ditonton oleh banyak orang. Meski berhasil terbang, ia menyebut angin di Gunung Gede sangatlah kuat, sehingga cukup menyulitkan ketika akan memulai take off.

“Selain itu karena tempatnya masih baru, untuk take off masih ada beberapa batu yang belum rapi, sehingga menyulitkan ketika akan berlari, semoga kedepannya bisa diperbaiki kembali,” pungkasnya.(gs/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.