Lift di JPO Basuki Rahmat Kado Ultah Surabaya untuk Lansia dan Difabel

Yovie Wicaksono - 1 June 2017
Ilustrasi. Penyandang Disabilitas menerima bantuan kursi roda (foto : Superradio/Srilambang)

SR, Surabaya – Penyandang disabilitas saat ini bisa merasakan salah satu layanan yang diberikan Pemerintah Kota Surabaya, yaitu lift di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Jalan Basuki Rahmat, tepat pada perayaan Hari Jadi Kota Surabaya ke 724 Tahun, Rabu (31/5/2017).

Walikota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, keberadaan lift pada salah satu JPO ini diharapkan dapat membawa manfaat bagi penyandang difabel, ibu hamil dan lansia, sekaligus kado bagi warga Surabaya di hari ulang tahun kota tercinta.

“Saya berharap sudah tidak ada lagi yang menyeberang sembarangan, dan khusus bagi penyandang difabel dapat menolong diri sendiri saat menyeberang,” kata Risma.

Risma menambahkan, untuk pengoperasian lift dan JPO ini akan dijaga selama 24 jam oleh Linmas dengan bantuan CCTV. Hal ini untuk memastikan penggunaan fasilitas ini sesuai peruntukannya, atau tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

“Ini untuk mengantisipasi tindak kejahatan di sekitar JPO dan Lift itu sendiri,” ujarnya.

Pembangunan lift di JPO Basuki Rahmat ini ditanggung oleh perusahaan Warna-Warni yang bekerjasama dengan rekan-rekan fujitec. Lift ini merupakan yang pertama di Surabaya, untuk membantu warga Surabaya yang kesulitan menyeberang jalan, khususnya melalui jembatan penyeberangan orang.

“Secara penuh hadirnya lift ini adalah atas peran dari PT warna-warni, bukan uang APBD,” lanjut Risma.(ptr/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.