LBH Surabaya Buka Posko Pengaduan Pinjaman Online

Yovie Wicaksono - 16 February 2019
Foto : (Super Radio/Nirwasita Gantari)

SR, Surabaya – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya membuka posko pengaduan korban pinjaman online, seiring banyaknya keluhan masyarakat mengenai cara penagihan yang dilakukan oleh pihak pinjaman online.

“Latar belakang LBH Surabaya membuka posko pengaduan, selain perkembangan di media yang saat ini banyak keluhan masyarakat berkaitan dengan aplikasi pinjaman online, kami juga menerima pengaduan selama dua bulan terakhir ini setidaknya ada 9 pengaduan yang datang ke LBH Surabaya. Bagi kami ini harus di tanggapi dengan serius khususnya oleh pemerintah,” ujar Kepala Bidang Riset Pengembangan dan Kerjasama LBH Surabaya Sahura, Jumat (15/2/2019).

Sahura mengatakan, dari 9 pengaduan ke LBH Surabaya tersebut, total ada 59 orang yang menjadi korban.

“Sebenarnya banyak persoalan yang ada di pinjaman online ini, tapi setidaknya beberapa hal yang sangat krusial inilah yang harus segera dihadapi bersama. Memang dalam hal ini kami membuka posko pengaduan untuk korban pinjaman online, tapi bukan berarti kami mendorong masyarakat untuk ikut meminjam di pinjaman online,” kata Sahura.

Berbagai permasalahan yang mengancam nasabah pinjaman online yakni besaran bunga dan biaya administrasi sepihak dan jumlahnya sangat tinggi, tidak adanya ruang komunikasi antara nasabah dengan penyedia untuk negoisasi ataupun klarifikasi, cara penagihan yang intimidatif dan penyebaran data pribadi nasabah ke publik.

LBH Surabaya berharap kepada masyarakat mempertimbangkan banyak hal sebelum melakukan pinjaman online.

“Kami mengharapkan, sebelum melakukan pinjaman online ini harusnya kita mempertimbangkan banyak hal, makanya kami di beberapa slide gambar yang kita sebar di medsos kami mengenai beberapa hal yang harus dilakukan sebelum kita melakukan pinjaman online,” ujar Sahura.

Sahura menambahkan para korban pinjaman online yang ingin melakukan pengaduan ke LBH Surabaya bisa mendatangi kantor LBH Surabaya di Jalan Kidal nomor 6, pada hari Senin sampai Kamis, mulai 09.00 – 15.00 WIB, atau melalui email di pengaduanpinjol@gmail.com maupun via Instagram di ylbhi_lbhsurabaya. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.