Lampion Pramuka Dalam Simbol Budaya Banyuwangi

Petrus - 15 August 2017
Ribuan lampion menghiasi sepanjang jalan Ahmad Yani sampai Dokter Soetomo Banyuwangi, meramaikan peringatan Hari Pramuka ke 56 Tahun (foto : Superradio/Fransiscus Wawan)

SR, Banyuwangi – Ribuan lampion aneka rupa menerangi jalanan di Kabupaten Banyuwangi. Lampion-lampion itu bergambarkan simbol-simbol Pramuka, seperti tunas kelapa, pionering, api unggun, dan rangkaian tongkat berpadu dengan lampion ornamen khas kebudayaan Banyuwangi. Seperti omprog, barong osing, hingga batik gajah oling terlihat menyala terang dengan lampu di dalamnya. Ada pula lampion yang menampilkan replika dari destinasi wisata di Banyuwangi.

Ribuan lampion yang melintas di jalan Ahmad Yani hingga ke jalan Dokter Soetomo tersebut, merupakan rangkaian dari Scout Lantern. Yakni, rangkaian pawai lampion dalam rangka memperingati hari lahir Pramuka ke-56 Tahun.

Tidak sekedar pawai lampion, pawai ini juga mengkolaborasikan berbagai tampilan kesenian dan simbol-simbol yang syarat pesan moral. Ada tarian gandrung, barong, hadrah, kuntulan, patrol dan berbagai visualisasi dari Dasa Darma Pramuka.

Ketua Majelis Pembina Cabang (Mabincab) Pramuka, sekaligus Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, mengharapkan Pramuka bisa menjadi wadah kreatif dan inovatif di kalangan pelajar.

“Dengan semangat hari lahir ini, Pramuka harus bisa menjadi wadah kreatif dan inovatif, agar terus bisa diminati oleh pelajar,” harapnya.

Azwar Anas juga mengajak kepada Pramuka di Banyuwangi, untuk menjadi agen-agen informasi bagi sesamanya.

“Adik-adik Pramuka, hendaknya bisa mengkampanyekan berbagai pesan-pesan positif kepada sesamanya. Mengajak untuk menjauhi narkoba dan kegiatan negatif lainnya,” terangnya.

Tidak hanya itu, dengan perkembangan Teknologi Informasi, Azwar Anas juga mengajak Pramuka untuk terlibat aktif dalam kampanye di media sosial.

“Pramuka juga harus bisa memanfaatkan digital market place agar bisa menjadi generasi yang mandiri,” katanya.

“Ini merupakan acara tahunan untuk memperingati hari lahir Pramuka. Diikuti oleh perwakilan semua gugus di Banyuwangi, baik di tingkat SD maupun SMP,” ungkap Ketua Kwarcab Pramuka Banyuwangi Yusuf Widiyatmoko, yang juga Wakil Bupati Banyuwangi, Senin malam (14/8/2017).

Pramuka Banyuwangi sendiri, dalam peringatan hari lahir Pramuka di Provinsi Jawa Timur, mendapatkan anugerah Lencana Dharma Bakti. Penghargaan kepramukaan tersebut, diberikan langsung oleh Kamabida Pramuka Jawa Timur Soekarwo kepada Kamabincab Pramuka Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.(wan/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.