Kuota Calon Jamaah Haji Banyuwangi Meningkat 300 Orang

Petrus - 22 July 2017
Suasana di ruang penyelenggara Haji dan Umroh pada kantor Kemenag Kabupaten Banyuwangi (foto : Superradio/Fransiscus Wawan)

SR, Banyuwangi – Kuota Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Banyuwangi pada tahun 2017 ini mengalami peningkatan hingga 300 orang dibanding tahun lalu. Jumlah total CJH yang rencanaya akan berangkat sebanyak 1279 orang.

Rincian daftar CJH dari Kantor Kementerian Agama Banyuwangi menyebutkan, jumlah jamaah yang telah melakukan pelunasan tahap 1 sebanyak 1129 orang. Jamaah yang telah melakukan pelunasan tahap 2 berjumlah 148 orang. Sementara yang menunda pelunasan hanya sebanyak 10 orang. Ditambah lagi, jumlah Tim Petugas Haji Daerah (TPHD) sebanyak 8 orang. Dari jumlah itu, 1 orang CJH asal Kecamatan Sempu meninggal dunia.

Dari pantauan Superradio di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Bnayuwangi, CJH asal Banyuwangi yang melakukan mutasi keluar sebanyak 13 orang. Mereka menuju sejumlah daerah di Jawa Timur, di antaranya Bondowoso, Jember, Lumajang, Malang, Pamekasan, Pasuruan, Surabaya dan Tulungagung.

Sedangkan, CJH yang berasal dari luar Banyuwangi atau melakukan mutasi masuk sebanyak 14 orang. Mereka berasal dari Bali, Batam, Gresik, Jember, Lumajang, Malang, Mojokerto, Probolinggo dan Sidoarjo.

Dari ribuan CJH asal Banyuwangi tersebut, terdapat jamaah yang memiliki usia paling tua yakni Sutami Binti Suradi. Jamaah asal Desa Watukebo, Kecamatan Rogojampi itu lahir 16 Februari 1930 atau berusia 87 tahun.

Sedangkan, CJH termuda adalah Fandaratsani Tsafiq Ibrahim Binti Sugeng Fadjar Harijanto asal Jl. Akasia RT 001/002, Kelurahan/ Kecamatan Giri. Ia lahir 21 Mei 1997 lalu, atau berusia 20 tahun.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Banyuwangi, Muklis mengatakan, CJH Banyuwangi ini tergabung dalam tiga kloter pemberangkatan yakni 35, 36 dan 37. Pemberangkatan pertama yakni kloter 35 dan 36 sebanyak 890 jamaah, rencananya akan dilepas langsung oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas pada 6 Agustus 2017 sekitar pukul 23.00 WIB.

“Dan kloter 37 akan berangkat keesokan harinya atau tanggal 7 Agustus 2017 sebanyak 389 jamaah  pada pukul 4.00 WIB. Ini masih perkiraan karena mungkin ada jadwal yang berubah kita belum tahu,” jelas Muklis.

Muklis menambahkan, hampir semua tahapan persiapan pemberangkatan calon jamaah haji (CJH) asal Kabupaten Banyuwangi sudah dilakukan, tinggal melakukan tahapan untuk manasik haji bersama.

Tahapan lain yang menyusul yaitu pengumpulan tas dan koper bawaaan para jamaah. Pelaksanaan ini rencanya akan dilakukan 1 hari sebelum hari pemberangkatan.

“Kalau jadwal pemberangkatannya tanggal 6 Agustus, pengumpulan koper akan dilakukan tanggal 4 atau 5 Agustus mendatang,” ungkapnya.(wan/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.