KSAU Ajukan Penggantian 12 Pesawat di Lanud Iswahyudi Madiun

Petrus - 3 March 2017
Pesawat F5 Tiger di lanud Iswahyudi, Madiun, yang akan diajukan penggantiannnya ke pemerintah (foto : Superradio/Sugeng Harianto)

SR, Madiun – TNI Angkatan Udara akan mengajukan penggantian Pesawat F5 di Skuadron 14, kepada pemerintah dalam waktu dekat. Hal ini untuk memenuhi standar pengamanan udara TNI AU, terhadap pesawat tempur nasional agar setara dengan negara-negara tetangga.

“Kita ajukan ke pemerintah sesegera mungkin untuk penggantian F5 dengan pesawat generasi 4,5 agar tidak kalah dengan negara tetangga,” kata Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, saat melakukan kunjungan di Lanud Iswahyudi Maospati, Magetan, Jumat (3/3/2017).

Hadi mengatakan, sejak setahun terakhir tidak ada penerbangan dari Skuadron 14 Lanud Iswahyudi, karena kondisi pesawat yang harus dilakukan penggantian.

“Hampir setahun tidak terbang jadi kita mohon kepada penerintah melalui Kementerian Pertahanan dan Keamanan, untuk memenuhi permintaan kami melakukan pengadaan,” lanjut Hadi.

Selain Pesawat F5 di Skuadron 14, kebutuhan lain yang mendesak adalah helikopter serta pesawat ringan. Menurut Hadi, dengan pemenuhan kebutuhan pengamanan udara di Lanud Iswahyudi, diharapkan dapat segera terbang di wilayah Papua dan Indonesia timur.

Rencananya ada 12 pesawat tempur jenis F5 Tiger yang akan diganti di Skuadron 14 Lanud Iswahyudi, Maospati, Magetan. Selain itu TNI AU juga akan mengupgrade Pesawat T50 yang masih memiliki kekurangan berupa radar dan beberapa persenjataan yang harus dilengkapi.(sh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.