KPU Kota Kediri Sosialisasi Pilkada Bersama Komunitas Disabilitas

Petrus - 23 June 2018
Penyandang disabilitas mengikuti sosialisasi Pilkada oleh KPU Kota Kediri (foto : Siperradio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Komisi Pemlihan Umum (KPU) Kota Kediri memastikan 150 orang penyandang disabilitas yang tersebar di tiga wilayah kecamatan, telah terakomodir dan masuk dalam DPT. Divisi Teknis KPU Kota Kediri Pusporini mengatakan, pihaknya memastikan mereka telah masuk dalam DPT, setelah mendapat laporan langsung ari petugas KPPS.

“Pada saat kita cek ternyata sudah menerima surat pemberitahuan dari KPPS. Yang hadir disini, dipastikan semuanya sudah masuk DPT,” ujar Pusporini, Sabtu (23/6/2018).

Pusporini juga mengimbau, agar masyarakat tidak segan untuk menyampaikan bila ada rekan atau sanak keluarga yang belum masuk DPT, atau belum menerima formulir C6 atau surat pemberitahuan, maka dapat langsung datang ke TPS dengan membawa e-KTP atau surat pengantar keterangan dari Dispenduk Capil.

Sebelum pelaksanaan Pilkada padal 27 Juni 2018 mendatang. KPU Kota Kediri mengundang seluruh penyandang disabilitas yang ada di Kediri, untuk mengikuti sosialisasi mengenai pemahaman peraturan pencoblosan.

Hal ini dilakukan agar para penyandang disabilitas benar benar paham terhadap tata cara dan mekanisme terkait Pilkada. Pusporini berharap setelah sosialisasi ini, warga khususnya penyandang disabilitas tidak melewatkan hak pilihnya dalam Pilkada.

“Termasuk untuk pemilih tuna netra ini tadi, kita sudah tunjukan jenis templetnya dan mereka sudah bisa mengetahui untuk paslon Pilgub dan Pilwali,” ujarnya.

Penyandang disabilitas yang hadir dalam acara sosialisasi yang dilaksanakan di Kantor Balai Kelurahan Burengan, Kecamatan Pesantren, antara lain penyandang tuna daksa, tuna grahita, tuna netra, dan tuna rungu wicara.

“Jadi setelah kita berikan sosialisasi, kita melihat responnya positif sekali. Pada saat kita sampaikan bisa datang ke TPS tanggal 27 Juni, beserta keluarganya bisa terrealisasi,” kata Pusporini.(rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.