KPU Kota Kediri Kirim Tim Lakukan Verifikasi Faktual Pilkada

Petrus - 15 January 2018
Anis Ifa Permatasari, Divisi Perencanaan dan Data KPU Kota Kediri (foto : Superradio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri telah membentuk lima tim untuk diberangkatkan ke luar Kota. Lima tim yang terbentuk terdiri dari tiga orang, yang akan bertugas melakukan proses verifikasi ijazah masing-masing bakal pasangan calon kepala daerah.

Teknisnya anggota KPU akan mendatangi secara langsung lembaga pendidikan, dimana bakal calon kepala daerah pernah menimba ilmu disana. Beberapa daerah yang dikunjungi antara lain Surabaya, Yogjakarta, Bali, Malang dan Kediri.

Menurut Anis Ifa Permatasari, Divisi Perencanaan dan Data KPU Kota Kediri, sampai sekarang pihak KPU masih melakukan verifikasi faktual ijazah milik para bakal calon kepala daerah yang mengikuti kontestasi pilkada.

“Kita juga akan foto buku induk covernya, didalam ada yang bersangkutan. Kita buktikan bahwa yang bersangkutan memang sekolah disana,” terang Anis, Senin (15/1/2018).

Ditambahkan olehnya, syarat pendaftaran bagi bakal calon kepala daerah minimal harus menempuh pendidikan di tingkat SMA. Bagi paslon yang sudah memiliki ijazah Strata 1 dan Strata II, harus dilampirkan pada saat pendaftaran kemarin. Apabila dalam proses verifikasi ditemukan ada sekolah paslon yang tutup,maka pihak KPU akan mengecek langsung ke dinas terkait.

“Tapi kalau sekolahnya masih aktif, cukup ke sekolahnya saja atau ke kampus,” ujarnya.

Hasil penelitian dan proses verifikasi nantinya jika sudah selesai akan disampaikan ke tim kampanye bakal pasangan calon pada tanggal 17-18 Januari 2018. Diakunya jika pada saat pendaftaran dibuka tanggal 8-10 Januari 2018, secara subtansi berkas yang dibawa dinyatakan sudah lengkap, tinggal beberapa berkas yang masih dalam proses.

“Contohnya kepengurusan di KPK, LHKPN itu dan beberapa juga ada SKCK dan keterangan surat bebas hutang. Itu harus diselesaikan pada masa perbaikan terakhir tanggal 20 Januari,” lanjutnya.

Pada saat pembukaan pendaftaran bakal calon tanggal 8-10 Januari 2018 lalu, KPU Kota Kediri telah menerima pendaftaran tiga pasangan bakal calon kepala daerah yang mendaftar. Tiga Pasangan tersebut antara lain incumbent Abdullah Abu Bakar-Lilik Muhibah, Aizzudin Abdurahman-Sujono Teguh Wijaya, serta mantan Wali Kota Kediri Syamsul Ashar-Teguh Junaidi.(rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.