KPU Jatim Instruksikan Pelipatan Kertas Suara

Fena Olyvira - 1 March 2019
Ilustrasi Pemilihan Umum. Foto : (Merdeka.com)

SR, Surabaya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur (Jatim) menginstruksikan pelipatan dan penyortiran kertas suara untuk Pemilihan Umum 17 April 2019 segera dilakukan meski belum seluruhnya lengkap.

“Yang sudah datang harus disortir dan dilipat tanpa harus menunggu lengkap dulu,” ujar Ketua KPU Jatim Choirul Anam kepada Antara di Surabaya, Jumat (1/3/2019).

Anam menyampaikan bahwa hingga saat ini logistik untuk Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden hampir semuanya sudah sampai di gudang KPU kabupaten/kota se-Jatim.

Namun, diakuinya surat suara belum lengkap 100 persen karena masih dalam tahap proses pencetakan kendati telah ada jaminan selesai sesuai jadwal.

“Pengadaannya se-Indonesia dan prosesnya melalui KPU RI, jadi tidak harus khawatir dan harus dilipat serta disortir tanpa menunggu lengkap. Nanti kalau sudah datang, menyusul pelipatan dan penyortirannya,” ucapnya.

Kendati demikian, Anam memastikan bahwa kotak suara serta bilik suara telah rampung 100 persen sehingga tidak ada kendala dan siap digunakan.

Sementara itu, khusus formulir dan sampul juga belum selesai karena sebagian masih ada yang dalam proses pengadaan melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) maupun e-katalog.

Anam memisalkan, sampul surat suara yang awalnya diadakan dua lembar per TPS, kini ada perkembangan dari KPU RI agar dilengkapi menjadi tiga sampul untuk sampul kubus sehingga harus dilakukan proses pengadaan.

“Kami sudah melalukan proses pengadaannya melalui e-katalog dan yakin selesai sesuai waktu ditentukan,” kata mantan komisioner KPU Kota Surabaya tersebut. (*/ant/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.