Kotak Suara Pemilu 2019 Sudah Tiba di Ponorogo

Petrus - 30 October 2018
Kapolres Ponorogo memeriksa proses distribusi logistik pemilu oleh KPU Ponorogo (foto : Superradio/Gayuh Satria)

SR, Ponorogo – Satu truk kontainer membawa ribuan kotak suara telah tiba di gudang milik Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Ponorogo, di Jalan Soekarno Hatta. Ribuan kotak suara ini kemudian ditumpuk sambil menunggu logistik pemilu 2019 lengkap.

“Pagi ini untuk pengiriman tahap pertama, yang datang sejumlah 7800 buah kotak suara,” kata Komisioner KPU Ponorogo Ahmad Fauzi, Selasa (30/10/2018).

Fauzi menerangkan, kebutuhan kotak suara di Ponorogo sejumlah 14.867 buah kotak suara, sehingga sisa kekurangan 7.067 kotak suara akan segera didistribusikan pada pengiriman tahap kedua pada beberapa hari ke depan.

Bentuk kotak suara yang datang hari ini pun berbeda dengan kotak suara pada pemilu sebelumnya. Bentuk kotak suara yang datang terbuat dari kardus atau karton doublewall, berbeda dengan pemilu terdahulu yang terbuat dari lembaran seng.

“Sesuai dengan UU No 7 tahun 2017, kotak suara yang awalnya berbahan dasar seng diganti dengan bahan kardus,” tuturnya.

Meski demikian, Fauzi menjamin kekuatan kotak suara yang akan digunakan pada pemilu nantinya. Sambil duduk diatas kotak suara dia menunjukkan kekuatan kotak suara, meskipun menahan beban lebih dari 70 kg dan kotak suara tetap utuh serta tidak penyok.

Selain itu, bentuk kotak suara juga ada yang berbeda, terdapat satu sisi yang tampak depan terdapat celah kotak plastik transparan. Sehingga isi dari kotak suara bisa terlihat dengan jelas dari luar. Sementara untuk menjamin keamanan kotak suara, dalam pendistribusian kotak suara juga akan dikemas dalam plastik.

“Selain kekuatan, ketahanan kotak suara terhadap air juga tidak diragukan lagi, karena kotak suara juga sudah terlapisi oleh plastik sehingga aman jika terkena air,” pungkasnya.(gs/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.