Kontestan Pemilu Harus Utamakan Kualitas Demokrasi

Fena Olyvira - 13 February 2019
Ilustrasi Pemilu 2019. Foto : (Istimewa)

SR, Jakarta – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta para kontestan Pemilu 2019, seperti calon presiden dan calon wakil presiden, para calon anggota legislatif dan partai politik harus mengutamakan kualitas demokrasi meskipun peta persaingan semakin sengit.

“Kami menaruh harapan kepada semua kontestan pemilu walaupun kita bersaing dengan sengit, namun kualitas demokrasi harus tetap dijaga,” kata Bamsoet dalam Rapat Paripurna DPR RI, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Melansir Antara, Bamsoet mengatakan para kontestan Pemilu 2019 boleh bersaing untuk mendapatkan dukungan rakyat namun jangan menggunakan cara-cara kampanye yang berbau fitnah, menebarkan kebencian dan permusuhan yang bisa membuat masyarakat terbelah.

Bamsoet mengajak masyarakat membangun kampanye yang mengedukasi rakyat, mencerahkan, dan membangun optimisme bagi masa depan Indonesia.

“Pemilu adalah kontestasi politik untuk memperbaiki segara perikehidupan bangsa dan harus menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan lompatan untuk mempercepat kemajuan,” ujarnya.

Hal itu menurut Bamsoet menjadi penting agar pada peringatan 100 tahun kemerdekaan Indonesia pada tahun 2045, Indonesia masuk dalam barisan 10 besar negara maju di dunia.

Kalau itu bisa dilakukan, menurut Bamsoet akan membuat kita bangga kepada anak cucu karena dalam satu abad merdeka, Indonesia akan menjadi bangsa maju, mandiri, adil, sejahtera dan dihormati bangsa-bangsa lain di dunia. (*/ant/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.