Klinik Kesehatan Haji Indonesia di Madinah Rawat 124 Pasien

Yovie Wicaksono - 25 July 2018
Suasana di Klinik Kesehatan Haji Indonesia di Madinah. Foto : (Istimewa)

SR, Arab Saudi – Klinik Kesehatan Haji Indonesia di Madinah telah merawat 124 pasien sejak dibuka tanggal 17 Juli lalu. Mayoritas para pasien yang dirawat dikarenakan dehidrasi, jantung, serta berbagai penyakit yang lainnya.

Kepala Pusat Kesehatan Haji Eka Jusuf Singka mengatakan, pasien yang dirawat rata-rata berusia di atas 60 tahun dengan jenis kelamin terbanyak adalah laki-laki. Adapun rinciannya yaitu 41 orang dirawat inap, 5 diantaranya pasien dimensia, 7 orang dirujuk ke RS King Fadh dan selebihnya telah kembali ke pondokan.

“Pasien yang dirawat dikarenakan dehidrasi, jantung, hemorrhoid, diabetes mellitus, hipertensi, infeksi bacterial, asma, penyakit paru obstruktif dan dyspepsia syndrome (magh),” kata Eka, Rabu (25/7/2018).

Eka mengatakan, selama dirawat di KKHI Madinah para pasien tidak didampingi keluaga. Pasien yang dirawat diberikan makan 3 kali sehari dan dua kali snack plus buah-buahan sebagai upaya perbaikan gizi. Dalam perawatan mereka tidak dipungut biaya sama sekali.

Eka meminta kepada para keluarga pasien untuk bersabar dan mendoakan kesembuhan keluarganya yang sedang dirawat. “Keluarga pasien tidak perlu khawatir karena KKHI Madinah akan memberikan pelayanan yang terbaik untuk jemaah haji Indonesia,” katanya. (ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.