Kereta Gantung Mulai Dibangun Akhir April 2018, Percantik Kawasan Kenjeran-Suramadu

Petrus - 15 April 2018
Jembatan Suramadu, wilayah di sisi Surabaya akan dikembangkan dengan membangun kereta gantung (foto : Superradio/Srilambang)

SR, Surabaya – Kawasan pesisir Kenjeran, Bulak dan sekitarnya akan dikembangkan, seiring langkah Pemerintah Kota Surabaya menggandeng pihak swasta untuk mengembangkan wilayah sekitar Jembatan Suramadu sisi Surabaya. PT PP Properti Suramadu digandeng Pemkot Surabaya untuk mengembangkan kawasan ini dengan membangun kereta gantung, yang pembangunan pondasinya akan dimulai akhir April ini.

PT PP Properti Suramadu menyatakan telah menyediakan lahan seluas 6,5 hektar untuk pengembangan kawasan pesisir Kenjeran di sekitar Jembatan Suramadu. Selain membangun kereta gantung, di kawasan itu juga akan dibangun apartement, mall, serta perkantoran.

“Pembangunan kereta gantung ini sebagai langkah awal untuk mengembangkan kawasan pesisir Surabaya. Nantinya, pihak kami akan membangun kereta gantung sepanjang 725 meter,” kata Rudy Harsono, Direktur Utama PT PP Properti Suramadu.

Rencananya, pembangunan akan dimulai akhir April 2018 hingga jangka waktu tiga bulan, dan diperkirakan akan beroperasi pada akhir tahun ini. Kereta gantung itu akan melintas di atas Jembatan Suramadu yang tingginya 25 meter.

“Kereta gantung itu sudah kami pesan dari Cina sebanyak 20 unit. Tiap unit nantinya bisa memuat maksimal 6 orang,” kata Rudy.

Pembangunan kawasan pesisir Kenjeran-Suramadu seluas 6,5 hektar yang dilengkapi kereta gantung, diharapkan dapat menumbuhkan perekonomian masyatakat sekitar, terutama tumbuhnya industri kreatif dari para nelayan pesisir Kenjeran hingga Bulak.

Pengembangan kawasan Suramadu sisi Surabaya dan Kenjeran akan melibatkan pelaku ekonomi kreatif khususnya dari kalangan muda, untuk terlibat dalam pembuatan logo, nama tagline, desain dan sebagainya, melalui kompetisi Surabaya Ocean Resort Branding Challenge oleh Kreavi.

Kolaborasi ini diambut positif oleh Pemkot Surabaya, yang berharap pengembangan pesisir Kenheran semakin bagus dan berkembang dalam hal pariwisata maupun ekonominya.

“Ini wujud nyata partisipasi publik untuk mengembangkan kawasan pesisir Kenjeran,” kata Jefry S, Kepala Sub Bagian Layanan Informasi, Bagian Humas Pemkot Surabaya.(ptr/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.