Kemnaker Optimalkan Pelatihan Vokasi Secara Masif

Fena Olyvira - 14 February 2019
Ilustrasi. Foto : (Istimewa)

SR, Jakarta – Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mengatakan pemerintah terus mengoptimalkan pendidikan bagi masyarakat dan pelatihan melalui pelatihan vokasi secara masif.

Pemerintah pun mencanangkan tahun 2019 sebagai tahun pengembangan sumber daya manusia (SDM), demikian siaran pers Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) yang diterima Antara, Kamis (14/2/2019).

Tahun ini, kata Hanif, Kemnaker akan memfasilitasi pelatihan sebanyak 228 ribu orang yang terbagi di berbagai kejuruan yang difasilitasi oleh Balai Latihan Kerja di seluruh Indonesia secara gratis dengan persyaratan yang mudah, tanpa batasan umur dan jenjang pendidikan.

Pihaknya pun mengklaim keberhasilannya menurunkan angka pengangguran.

“Pengangguran kita saat ini 5,3 persen, yang merupakan angka pengangguran terendah sepanjang sejarah reformasi,” kata Hanif.

Hanif merinci, sejauh ini pemerintah telah menciptakan 10,5 juta lapangan pekerjaan dalam waktu empat tahun. Hal itu tidak lepas dari adanya investasi dari dalam dan luar negeri.

“Lapangan kerja muncul karena adanya investasi. Investasi penting karena bisa menjadi penggerak perekonomian Indonesia,” katanya. (*/ant/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.