Kementerian Perhubungan Siap Bangun 40 Terminal Baru

Petrus - 21 January 2018
Dirjen Perhubungan Darat meninjau ruang Pusat Kendali Lalu Lintas Terpadu di Kota Kediri (foto : Superradio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Kementerian Perhubungan berupaya mengubah opini atau pandangan di kalangan masyarakat, yang menganggap Terminal sebagai tempat yang  kumuh serta banyak Calo. Salah satu kebijakan yang diambil yaitu melakukan perbaikan infrastruktur sejumlah Terminal di Seluruh Indonesia, untuk mengubah stigma tersebut.

“Jadi ada 40 Terminal di Indonesia tahun ini yang kita bangun. Itu sebagai komitmen kita bahwa Pemerintah hadir ditengah tengah masyarakat, dan selalu melakukan langkah-langkah perbaikan dan Pembenahan,” terang Budi Setiyadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan, pada kunjungannya di Terminal Baru Kota Kediri, Minggu (21/1/2018).

Perbaikan 40 terminal di Seluruh Indonesia ini, nantinya diharapkan dapat selesai semuanya pada tahun 2019 mendatang.

“Saya ingin mengubah opini masyarakat jika terminal yang dulu adalah kotor, banyak calo, kumuh dan lain sebagainya,” ujar Budi Setiyadi.

Budi Setiyadi mengaku, jika pihaknya melalui Direktur Prasarana telah membuat Blue Print hingga tahun 2019, yang di dalamnya menyangkut perbaikan Terminal. Tidak hanya dari segi kualitas tempat dan prasarana, namun juga meliputi pelayanan hingga kendaraan bus yang masuk ke dalam area Terminal.

“Perbaikan Terminal tersebut diperuntukan bagi Terminal Tipe A. Tahun 2019 kita sudah ada perencanaan untuk Terminal Kediri, kita akan rombak total. Tahun 2019 semoga sudah ada alokasi anggaran sehingga bisa kita perbaiki semuanya,” jabarnya.

Kementerian Perhubungan juga akan mencari mitra untuk mengelola Terminal secara bersama-sama. Dengan anggaran sekitar Rp. 2 miliar, diharapkan masing-masing bisa melihat mana yang lebih perioritas untuk diperbaiki terlebih dahulu.Nanti tidak menutup kemungkinan anggarannya akan ditambah. Perbaikan dan pembangunan itu nantinya secara teknis akan diawasi dan di tangani oleh Dinas Perhubungan Provinsi.

“Kalau 40 terminal ini kita rehab, setiap Terminal cuma Rp. 2 Miliar. Saya hanya melakukan perbaikan Terminal Tipe A,” tandasnya.(rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.